silabus mata pelajaran seni budaya kelas 8
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran
: SENI RUPA
Kelas
: VIII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya
diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan
pembuatnya
2.3 Menunjukkan
sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap
lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami konsep
dan prosedur menggambar model pada berbagai bahan dan
beragam teknik
4.1 Menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
Gambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
Mengamati
· Melihat
gambar model dengan teknik dan media yang berbeda
· Membaca
buku tentang konsep dan prosedur menggambar model
Menanya
· Menanyakan
media apa yang dapat digunakan dalam menggambar model
· Menanyakan teknik gambar model
dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
· Menghubungkan
antara konsep dan prosedur menggambar model dalam aliran seni rupa
· Mencari konsep
dan prosedur menggambar model
· Bereksperimen
dengan beragam teknik dan media
Mengasosiasi
· Membandingkan konsep
dan prosedur menggambar model dalam berbagai teknik dan
aliran seni rupa
Mengomunikasikan
· Menggambar model pada
berbagai bahan dan beragam teknik
· Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
· Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai karya yang
dikerjakan
|
Penugasan
Membuat ringkasan
tentang pengertian prosedur gambar model pada berbagai bahan dan
beragam teknik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa
selama proses belajar
Projek
Membuat gambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
12 JP
|
· Buku Teks
Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku
lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
· Pameran
karya seni rupa
|
3.2. Memahami konsep
dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
4.2.Menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
Gambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
· Melihat
gambar model dengan teknik dan media yang berbeda
· Membaca
buku tentang konsep dan prosedur menggambar model
Menanya
· Menanyakan
media apa yang dapat digunakan dalam menggamabr model
· Menanyakan teknik gambar model
dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
· Menghubungkan
antara konsep dan prosedur menggambar model dalam aliran seni rupa
· Mencari konsep
dan prosedur menggambar model
· Bereksperimen
dengan beragam teknik dan media
Mengasosiasi
· Membandingkan konsep
dan prosedur menggambar model dalam berbagai teknik dan aliran
seni rupa
Mengomunikasikan
· Meggambar
ilustrasi teknik manual
· Menggamabr
ilustrasi teknik digital
|
Penugasan
Membuat kritik
seni secara sederhana minimum 200 kata tentang gambar illustrasi
dengan teknik manual atau digital
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa
selama proses belajar
Projek
Membuat gambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
12 JP
|
· Buku Teks
Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku
lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
· Pameran
karya seni rupa
|
3.3. Memahami konsep
dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan
berbagai teknik
4.3. Menerapkan ragam
hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai
teknik
|
Teknik
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
|
Mengamati
· Melihat
gambar dengan berbagai teknik motif ragam hias flora dan fauna serta
geometrik pada kriya bahan keras
· Membaca
buku tentang konsep dan prosedur membuat
motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanya
· Menanyakan
cara membuat motif gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Menanyakan makna gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan
konsep dan prosedur membuat motif gambar ragam hias
flora dan fauna serta geometrik
· Mencari
makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Bereksperimen
dengan beragam teknik dan media
Mengasosiasi
· Menghubungkan
motif gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
· Membandingkan konsep
dan prosedur gambar motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang
berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
· Membuat
karya kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan
geometrik
· Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
· Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai karya
yang dikerjakan
|
Penugasan
Membuat ringkasan tentang
kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa
selama proses belajar
Projek
Membuat kriya
dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
|
15 JP
|
· Buku Teks
Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku
lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
· Pameran
karya seni rupa
|
3.4. Memahami konsep dan
prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya tekstil dengan
teknik tapestri
4.4. Menerapkan ragam
hias flora, fauna dan geometrik pada kriya tekstil dengan teknik
tapestri
|
Teknik menghias
flora, fauna dan geometrik pada kriya
tekstil
|
Mengamati
· Melihat
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan teknik
tapestri
· Membaca
buku tentang konsep dan prosedur ragam hias flora dan fauna serta geometrik
teknik tapestri
Menanya
· Menanyakan
ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan teknik tapestri pada tekstil
· Menanyakan makna gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan
konsep dan prosedur teknik
tapestri motif ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Mencari
makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Bereksperimen
dengan beragam teknik dan media
Mengasosiasi
· Menghubungkan
antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
dengan budaya setempat
· Membandingkan konsep
dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang
berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
· Membuat kriya tekstil
dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias
flora, fauna dan geometrik
· Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
· Mempresentasikan secara
lisan atau tulisan mengenai karya yang
dikerjakan
|
Penugasan
Membuat kritik
seni secara sederhana minimum 200 kata tentang kriya tekstil dengan teknik
tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan
geometrik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa
selama proses belajar
Projek
Membuat kriya
tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam
hias flora, fauna dan geometrik
|
15 JP
|
· Buku Teks
Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
· Buku-buku
lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
· Pameran
karya seni rupa
|
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : SENI MUSIK
Kelas : VIII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya
diri, motivasi
internal, toleransi, gotong royong
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi
dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui
aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya
musik, dan penciptanya serta arrangernya
2.3 Menunjukkan
sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap
lingkungan dalam
berkarya seni
3.1 Memahami teknik
dan gaya lagu daerah secara unisono atau
perseorangan
4.1 Menyanyikan
lagu daerah secara unisono atau perseorangan
|
Lagu
tradisi dan lagu daerah
|
Mengamati
· Mendengarkan
lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media
elektronik
· Membaca
berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanya
· Menanyakan
teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
· Menanyakan
fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
· Mengidentifikasi ciri
khas dan keunikan teknik dan gaya lagu-lagu daerah tradisional
· Menyusun klipping
tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah
Mengasosiasi
Menunjukkan kesamaan
penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang
dinyanyikan
Mengomunikasikan
· Menyanyikan
lagu daerah dengan satu suara bersama-sama di kelas
· Menyanyikan
lagu tradisi dengan satu suara bersama-sama di kelas
· Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan kritik seni
|
Tes praktik
· Menyanyikan
lagu
daerah
· Menyanyikan
lagu tradisi
|
12 JP
|
Buku Lagu
Wajib lagu Nasional, Daerah dan
Populer
Buku teks
pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik
di radio dan TV
DVD, VCD
|
3.2 Memahami
teknik dan gaya lagu daerah
bentuk
vokal group
4.2 Menyanyikan
lagu daerah bentuk vokal group
|
Lagu
tradisi dan lagu daerah
|
Mengamati
· Mendengarkan
lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media
elektronik
· Membaca
berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanya
· Menanyakan
teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
· Menanyakan
fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
· Mengidentifikasi ciri
khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu daerah
· Menyusun klipping
tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah yang
dinyanyikan secara kelompok
Mengasosiasi
Menunjukkan kesamaan
penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang
dinyanyikan
Mengomunikasikan
· Menyanyikan
lagu daerah bentuk vokal grup
· Menyanyikan
lagu daerah dengan lebih dari satu
suara
· Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan kritik seni
|
Tes praktik
· Menyanyikan
lagu secara kelompok daerah
· Menyanyikan
lagu tradisi
Portofolio
· Mengelompokkan
lagu-lagu daerah
|
12 JP
|
Buku Lagu
Wajib lagu Nasional, Daerah dan
Populer
Buku teks
pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik
di radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.3 Memahami teknik
dan gaya bermain musik tradisional sederhana
secara
perorangan
dan kelompok
4.3 Memainkan
instrumen musik tradisional sederhana secara perorangan
dan kelompok
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
· Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
· Mendengarkan
permainan musik ansambel
Menanya
· Menanyakan teknik
bermain musik rimis
· Menanyakan teknik
bermain musik melodis
Mengeksplorasi
· Membagi iringan
lagu dalam kelompok
musik dengan baik dan benar
· Menggubah secara
sederhana lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok musik
Mengasosiasi
· Membandingkan
kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
· Membandingkan
suara yang bising latihan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh di
pasar
Mengomunikasikan
· Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam kelas
· Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok musik
· Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan kritik seni
|
Projek
· Membuat
iringan musik sederhana
Tes
praktik
· Bermain
Musik ritmis
· Bermain
musik melodis
|
15 JP
|
Buku Lagu
Wajib lagu Nasional, Daerah dan
Populer
Buku tesk
pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik
di radio dan TV
DVD, VCD
|
3.4 Memahami teknik dan gaya
bermain musik ansambel tradisional
4.4 Memainkan
ansambel musik tradisional
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
· Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
· Mendengarkan
permainan musik ansambel
Menanya
· Menanyakan teknik
bermain musik rimis
· Menanyakan teknik
bermain musik melodis
Mengeksplorasi
· Membagi iringan
lagu dalam kelompok
musik dengan baik dan benar
· Menggubah secara
sederhana lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok musik
Mengasosiasi
· Menunjukkan
kekuatan musik tradisi dan musik moderen
· Membandingkan
suara musik tradisi dengan suasana damai
Mengomunikasikan
· Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam kelas
· Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok musik
· Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan kritik seni
|
Projek
· Membuat
iringan musik sederhana
Tes
praktik
· Bermain
Musik ritmis dan melodis
· Bermain
musik harmonis
|
15 JP
|
Buku Lagu
Wajib lagu Nasional, Daerah dan
Populer
Buku tesk
pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
Acara musik
di radio dan TV
DVD, VCD
|
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : SENI
TARI
Kelas : VIII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
estetika, percaya diri, motivasi
internal, toleransi, gotong royong dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi
dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama
dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap
karya seni tari dan koreograferya
2.3 Menunjukkan
sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap
lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami keunikan gerak
tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung
tari
4.1. Merangkai gerak tari
tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
|
Keunikan
gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang keunikan tari tradisonal
berdasarkan pola lantai
· Mengamati
tayangan keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
melalui media
· Melihat guru
memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
Menanya
· Menanya
tentang keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
· Merangkai
berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mendiskusikan
keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
Mengasosiasi
· Membandingkan
keunikan gerak tari tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan pola lantai
· Membandingkan
bentuk penyajian gerak tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan pola lantai
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya
tari tradisional berdasarkan pola lantai
|
Projek
· Membuat ringkasan
tentang keunikan ragam tari tradisional berdasarkan pola
lantai
Observasi
· Mengidentifikasi
keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui lembar
pengamatan
Tes
praktik
· Mempergelarkan
tari tradisonal berdasarkan pola lantai
|
12 JP
|
Buku teks
pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni
Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian
Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari tradisional
Ensiklopedi
Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
3.2. Memahami keunikan
peragaan gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
4.2. Memperagakan gerak
tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Keunikan
gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur
pendukung tari sesuai iringan
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan
pola lantai sesuai iringan
· Mengamati
tayangan keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
melalui media sesuai iringan
· Melihat guru
memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mendengarkan
musik iringan tari tradisional
Menanya
· Menanya
tentang keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
sesuai iringan
· Menanyakan
musik iringan yang sesuai dengan tari tradisional
Mengesplorasi
· Mencari
contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Merangkai
berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai
dengan iringan
· Mendiskusikan
keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai dengan
iringan
Mengasosiasi
· Membandingkan
keunikan gerak tari tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Membandingkan
bentuk penyajian gerak tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah
lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya
tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan
|
Projek
· Membuat ulasan
tari secara sederhana tentang keunikan tari tradisional
berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari, dan iringannya maksimum 200
kata
Portofolio
· Mengumpulkan
data tentang keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai, dan
unsur pendukung tari
Tes
praktik
· Mempergelarkan tari
tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
|
12 JP
|
Buku teks
pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni
Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian
Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari tradisional
VCD/kaset
music iringan tari tradisonal
Ensiklopedi
Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
3.3
Memahami cara menerapkan pola lantai dan unsur
pendukung gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi
4.3
Merangkai gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari
|
Gerak tari
kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai
· Mengamati
tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai
dan unsur pendukungnya melalui media
Menanya
· Menanya
tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola
lantai dan unsur pendukungnya
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dan unsur
pendukungnya
· Merangkai
berbagai ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai
· Mendiskusikan
ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur
pendukungnya
Mengasosiasi
· Membandingkan
gerak tari kreasi gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal
siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
· Membandingkan
bentuk penyajian gerak tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
Mengomunikasikan
· Menampilkan
karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukungnya
|
Projek
· Mempresentasikan ringkasan
tentang gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai
Observasi
· Mengidentifikasi
tari kreasi berdasarkan pola lantai melalui lembar pengamatan
Tes
praktik
· Mempergelarkan
tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur
pendukung tari
|
15 JP
|
Buku teks
pelajaran seni budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni
Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian
Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari tradisional
VCD/kaset
music iringan tari tradisonal
Ensiklopedi
Tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
3.4 Memahami
cara menerapkan pola lantai, unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya
tradisional pada karya tari kreasi
4.4 Memperagakan
gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Gerak tari
kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan
pola lantai sesuai iringan
· Mengamati
tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai
sesuai iringan
· Mendengarkan
beberapa musik iringan tari tradisonal dan tari kreasi
Menanya
· Menanya
tentang gerak tari kreasi
gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur
pendukungnya sesuai iringan
· Menanya
tentang musik iringan tari kreasi
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai
iringan
· Merangkai
berbagai ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal
berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Mendiskusikan
ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur
pendukungnya sesuai iringan
Mengasosiasi
· Membandingkan
gerak tari kreasi gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal
siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
· Membandingkan
bentuk penyajian gerak tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Mengomunikasikan
· Menampilkan
karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung sesuai iringan
|
Projek
· Membuat ulasan
tari secara sederhana tentang tari kreasi gaya
tradisional
berdasarkan pola lantai, unsur pendukung tari dan iringanya
maksimum
200 kata
Tes
praktik
· Mempergelarkan tari kreasi
gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur
pendukung tari sesuai iringan
|
15 JP
|
Buku teks
pelajaran Seni Budaya kelas VIII
Humprey,
Doris,
1983. Seni
Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian
Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : SENI
TEATER
Kelas : VIII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
estetika, percaya diri, motivasi
internal, toleransi, gotong royong dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi
dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni teater
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan
pembuatnya
2.3 Menunjukkan
sikap percaya diri motivasi internal , kepedulian terhadap
lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah
rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional
4.1 Menerapkan
teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya
tradisional
|
Teknik
olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya
tradisional
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang teknik olah tubuh, olah suara dan olah
rasa yang bersumber pada teater tradisional
· Mengamati
tayangan keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang
bersumber pada teater tradisional melalui media
· Melihat guru
memperagakan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada
teater tradisional
Menanya
· Menanya tentang keunikan
teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater
tradisional
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber
pada teater tradisional
· Merangkai
berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
· Mendiskusikan
keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada
teater tradisional
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan
teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater
tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain
· Membandingkan
bentuk penyajian teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber
pada teater tradisional
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya teater
berdasarkan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada
teater tradisional
|
Prenugasan
Membuat ringkasan
tentang keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber
pada teater tradisional
Projek
Mempergelarkan
teknik bermain teater tradisional
|
12 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera.
Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS
Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski, Brook. 2002. Sistem
Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film
& Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, &
TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater
Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
3.2 Memahami teknik membuat naskah
drama dari sumber budaya tradisional
4.2 Membuat naskah
drama secara sederhana dari sumber budaya tradisional
|
Naskah
drama secara sederhana dari sumber budaya tradisional
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang pembuatan naskah drama bersumber pada
teater tradisional
· Mengamati
tayangan keunikan pementasan naskah drama bersumber pada teater
tradisional
· Melihat guru
memperagakan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
· Mendengarkan
musik ilustrasi pementasan teater tradisional
Menanya
· Menanya
tentang keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
· Menanyakan
musik ilustrasi pementasan teater tradisional sesuai dengan naskah
yang disusun
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
· Merangkai
berbagai keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
· Mendiskusikan
keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan
pementasan berdasarkan naskah drama bersumber pada teater
tradisional
· Membandingkan
bentuk penyajian teater tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya teater tradisional
berdasarkan naskah yang disusun
|
Penugasan
· Membuat kritik
seni secara sederhana maksimum 200 kata tentang teater tradisional
Projek
· mempergelarkan teater
tradisional sesuai dengan naskah yang dibuatnya
|
12 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera.
Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS
Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski, Brook. 2002. Sistem
Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film
& Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, &
TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater
Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
3.3 Memahami teknik dan
rancangan pertunjukkan
teater tradisional
4.3 Merancang pertunjukkan teater tradisional
|
Rancangan pertunjukkan
teater tradisional
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang teknik rancangan pertunjukan teater
tradisional
· Mengamati
tayangan teater berdasarkan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional
dan unsur pendukungnya melalui media
Menanya
· Menanya
tentang pementasan teater dan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional
serta pendukungnya
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh teknik rancangan pertunjukan teater tradisional dan unsur pendukungnya
· Merangkai
berbagai ragam teknik rancangan pertunjukan teater tradisional
· Mendiskusikan
ragam teknik rancangan pertunjukan teater tradisionaldan unsur pendukungnya
Mengasosiasi
· Membandingkanteknik
rancangan pertunjukan teater tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan tema
· Membandingkan
bentuk penyajian teknik rancangan pertunjukan teater tradisional tempat tinggal
siswa dengan daerah lain berdasarkan tema
Mengomunikasikan
· Menampilkan
karya rancangan pertunjukan teater tradisional dengan menggunakan unsur
pendukungnya
|
Penugasan
· Membuat ringkasan
tentangteknik rancangan pertunjukan teater tradisional
Projek
· Mempergelarkan
rancangan pertunjukan teater tradisional dengan menggunakan unsur
pendukung teater
|
15 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera.
Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS
Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski, Brook. 2002. Sistem
Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film
& Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, &
TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater
Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
3.4 Memahami teknik pertunjukan teater
dengan gaya teater tradisional
4.4 Mempertunjukan
teater dengan gaya teater tradisional
|
Pertunjukan
teater dengan gaya teater tradisional
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentangpertunjukan teater gaya tradisional
· Mengamati
tayangan pertunjukan teater gaya tradisional
· Mendengarkan
beberapa musik ilustrasi pertunjukan teater gaya tradisional
Menanya
· Menanya
tentangpertunjukan teater gaya tradisional
· Menanya
tentang musik ilustrasi pertunjukan teater gaya tradisional
Mengeksplorasi
· Mencari
contoh pertunjukan teater gaya tradisional
· Merangkai
berbagai ragam teknik dalam pertunjukan teater gaya tradisional
· Mendiskusikan
pertunjukan teater gaya tradisional
Mengasosiasi
· Membandingkanpertunjukan
teater gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan tema yang digunakan
· Membandingkan
bentuk penyajian pertunjukan teater gaya tradisional tempat
tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema yang digunakan
Mengomunikasikan
· Menampilkan
karya teater gaya tradisional sesuai dengan unsur pendukungnya
|
Penugasan
· Membuat kritik
seni secara sederhana maksimum 200 kata tentang
teater gaya tradisional berdasarkan tema
Projek
· Mempergelarkan teater gaya tradisional berdasarkan tema dengan
menggunakan unsur pendukung
|
15 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera.
Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS
Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski, Brook. 2002. Sistem
Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film
& Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, &
TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater
Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
Catatan : Sekolah minimal wajib memilih dua lingkup seni dari empat lingkup
materi seni yang ada
Comments
Post a Comment