silabus mata pelajaran seni budaya kelas 8



Satuan Pendidikan            :    SMP
Mata Pelajaran                  :    SENI  RUPA
Kelas                                 :    VIII
Kompetensi Inti
KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1          Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap menghargai,  jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.   Memahami   konsep dan prosedur   menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1     Menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik















Gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik















Mengamati
·     Melihat gambar model dengan teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar model
Menanya
·     Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam menggambar model 
·     Menanyakan   teknik   gambar  model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar model dalam aliran seni rupa
·   Mencari  konsep dan prosedur menggambar model
·   Bereksperimen dengan beragam teknik dan media
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar model dalam   berbagai teknik dan aliran seni rupa
Mengomunikasikan
·     Menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan

















Penugasan
Membuat  ringkasan tentang pengertian prosedur gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar 
Projek
Membuat gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik














12 JP














·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni rupa

3.2. Memahami  konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
4.2.Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

Gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

Mengamati
·     Melihat gambar model dengan teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar model
Menanya
·     Menanyakan media apa yang dapat digunakan dalam menggamabr model 
·     Menanyakan   teknik   gambar  model dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar model dalam aliran seni rupa
·   Mencari  konsep dan prosedur menggambar model
·   Bereksperimen dengan beragam teknik dan media
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar model dalam  berbagai teknik dan aliran seni rupa
Mengomunikasikan
·     Meggambar ilustrasi teknik manual
·     Menggamabr ilustrasi teknik digital


Penugasan
Membuat  kritik seni secara sederhana minimum  200 kata tentang gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar
Projek
Membuat gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital

12 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni rupa

3.3.   Memahami   konsep dan prosedur  penerapan  ragam hias flora, fauna dan  geometrik pada kriya dari bahan keras  dengan berbagai teknik
4.3.   Menerapkan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik

Teknik ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras

Mengamati
·   Melihat gambar dengan berbagai teknik motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada kriya bahan keras
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   membuat motif  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanya
·  Menanyakan cara  membuat motif gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  membuat motif gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Bereksperimen dengan beragam teknik dan media
Mengasosiasi
·     Menghubungkan motif gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
·     Membuat karya kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Penugasan
Membuat  ringkasan  tentang kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar
Projek
Membuat kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik

15 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni rupa

3.4.   Memahami  konsep  dan prosedur  penerapan  ragam hias flora, fauna dan  geometrik pada  kriya tekstil dengan teknik  tapestri  
4.4.   Menerapkan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada  kriya tekstil dengan teknik tapestri  

Teknik  menghias flora, fauna dan geometrik   pada  kriya tekstil   

Mengamati
·  Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik  dengan teknik tapestri
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur ragam hias flora dan fauna serta geometrik teknik tapestri
Menanya
·  Menanyakan ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan teknik tapestri pada tekstil
·  Menanyakan   makna  gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur   teknik tapestri  motif  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Bereksperimen dengan beragam teknik dan media
Mengasosiasi
·      Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·      Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
·     Membuat kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     Mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Penugasan
Membuat  kritik seni secara sederhana minimum 200 kata tentang kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar 
Projek
Membuat kriya tekstil dengan teknik tapestri   dengan motif  ragam hias flora, fauna dan geometrik

15 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni rupa




Satuan Pendidikan        :    SMP
Mata Pelajaran               :    SENI  MUSIK
Kelas                              :    VIII
Kompetensi Inti

KI 1   :   Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi,  gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3   :   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,  disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab,  peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni
3.1  Memahami  teknik dan gaya  lagu daerah secara unisono atau perseorangan   
4.1  Menyanyikan lagu daerah secara   unisono  atau perseorangan

















Lagu tradisi dan lagu daerah

















Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanya
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 
Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya lagu-lagu daerah tradisional
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah
Mengasosiasi
Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan
Mengomunikasikan
·           Menyanyikan lagu daerah  dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·           Menyanyikan lagu  tradisi dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·           Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 

















Tes praktik
·    Menyanyikan lagu
    daerah
·   Menyanyikan lagu tradisi 


















12 JP

















Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku teks pelajaran Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

3.2   Memahami teknik dan gaya lagu daerah   
        bentuk vokal group 
4.2      Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal group 

Lagu tradisi dan lagu daerah

Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanya
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 
Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu daerah
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara kelompok
Mengasosiasi
    Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan
Mengomunikasikan
·      Menyanyikan lagu daerah  bentuk vokal grup
·      Menyanyikan lagu   daerah  dengan lebih dari satu suara  
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

Tes praktik
·     Menyanyikan lagu  secara kelompok daerah
·     Menyanyikan lagu tradisi 
Portofolio
·   Mengelompokkan lagu-lagu daerah

12 JP

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku teks pelajaran Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.3  Memahami  teknik dan gaya bermain  musik tradisional sederhana secara    
       perorangan dan kelompok
4.3  Memainkan instrumen musik tradisional  sederhana secara perorangan dan   kelompok

Musik  Ansambel

Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain   musik rimis 
·     Menanyakan  teknik bermain   musik  melodis
Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik 
Mengasosiasi
·     Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
·     Membandingkan suara yang bising latihan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh di pasar  
Mengomunikasikan
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  musik
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 

Projek
·      Membuat iringan musik sederhana   
Tes praktik
·      Bermain Musik ritmis
·      Bermain musik melodis




15 JP

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku tesk pelajaran Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

3.4  Memahami  teknik  dan  gaya bermain musik ansambel tradisional
4.4  Memainkan ansambel musik  tradisional

Musik  Ansambel

Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain   musik rimis 
·     Menanyakan  teknik bermain   musik  melodis
Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik 
Mengasosiasi
·     Menunjukkan kekuatan musik tradisi dan musik moderen
·     Membandingkan suara musik tradisi dengan suasana damai 
Mengomunikasikan
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  musik
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 
Projek
·      Membuat iringan musik sederhana   
Tes praktik
·      Bermain Musik ritmis  dan melodis
·      Bermain musik  harmonis




15 JP
Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku tesk pelajaran Seni Budaya Kelas VIII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Satuan Pendidikan        :    SMP
Mata Pelajaran               :    SENI TARI
Kelas                              :    VIII
Kompetensi Inti
KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.   Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreograferya

2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.   Memahami  keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.1.   Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari





















Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai





















Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar  tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai  
·     Mengamati tayangan keunikan  gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai  
Menanya
·     Menanya tentang keunikan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
·     Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
·     Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
Mengomunikasikan
·   Menampilkan   karya tari tradisional berdasarkan pola lantai





















Projek
·     Membuat ringkasan tentang keunikan ragam tari tradisional  berdasarkan pola lantai
Observasi
·      Mengidentifikasi keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui lembar pengamatan
Tes praktik
·     Mempergelarkan tari tradisonal berdasarkan pola lantai






















12 JP





















Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

3.2.   Memahami  keunikan peragaan gerak tari   tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
4.2.   Memperagakan gerak tari  tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan 
·     Mengamati tayangan keunikan  gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai melalui media sesuai iringan
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Mendengarkan musik iringan tari tradisional 
Menanya
·     Menanya tentang keunikan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Menanyakan musik  iringan yang sesuai dengan tari tradisional
Mengesplorasi
·     Mencari contoh keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan
·     Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai dengan iringan
Mengasosiasi
·    Membandingkan keunikan gerak tari tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Mengomunikasikan
·    Menampilkan   karya tari tradisional berdasarkan pola   lantai sesuai dengan iringan


Projek
·     Membuat  ulasan tari secara sederhana tentang keunikan tari tradisional berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari, dan iringannya maksimum  200 kata
Portofolio
·      Mengumpulkan data tentang keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai, dan unsur pendukung tari
Tes praktik
·   Mempergelarkan tari tradisional  berdasarkan pola lantai sesuai iringan



12 JP

Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

VCD/kaset music iringan tari tradisonal

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

3.3 Memahami cara menerapkan pola  lantai  dan unsur pendukung gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi 
4.3 Merangkai gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari

Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai

Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar  tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai  
·    Mengamati tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya melalui media
Menanya
·     Menanya tentang gerak tari kreasi gaya  tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya
·     Merangkai berbagai  ragam gerak tari kreasi gaya  tradisonal berdasarkan pola lantai
·     Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya
Mengasosiasi
·    Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai
Mengomunikasikan
·    Menampilkan karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai  dengan menggunakan unsur pendukungnya

Projek
·     Mempresentasikan ringkasan tentang gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai
Observasi
·      Mengidentifikasi tari kreasi berdasarkan pola lantai melalui lembar pengamatan
Tes praktik
·     Mempergelarkan tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari


15 JP

Buku teks pelajaran seni budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari tradisional

VCD/kaset music iringan tari tradisonal

Ensiklopedi Tari  Indonesia

Media cetak dan elektronik

3.4   Memahami cara menerapkan pola lantai, unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi
4.4   Memperagakan gerak tari kreasi gaya tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan

Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Mengamati tayangan gerak tari kreasi gaya tradisonal  berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Mendengarkan beberapa musik iringan tari tradisonal dan tari kreasi
Menanya
·     Menanya tentang  gerak tari kreasi gaya  tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya sesuai iringan
·     Menanya tentang musik iringan tari kreasi
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Merangkai berbagai  ragam gerak tari kreasi gaya  tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·     Mendiskusikan ragam gerak tari kreasi gaya tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya sesuai iringan
Mengasosiasi
·    Membandingkan gerak tari kreasi gaya tradisional  di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
·    Membandingkan bentuk penyajian gerak tari kreasi gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Mengomunikasikan
·    Menampilkan karya tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung sesuai iringan

Projek
·     Membuat  ulasan tari secara sederhana tentang tari kreasi gaya
tradisional berdasarkan pola lantai,  unsur pendukung tari dan iringanya
maksimum 200 kata
Tes praktik
·   Mempergelarkan tari  kreasi gaya tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan


15 JP

Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VIII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik



Satuan Pendidikan        :    SMP
Mata Pelajaran               :    SENI TEATER
Kelas                              :    VIII
Kompetensi Inti
KI 1  :    Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,     toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI  4  :   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.   Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap menghargai,  jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung   jawab, peduli, santun terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1   Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional
4.1   Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional























Teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional























Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
·     Mengamati tayangan keunikan  teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional melalui media
·     Melihat  guru memperagakan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
Menanya
·    Menanya tentang keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
·     Merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
·     Mendiskusikan keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan bentuk penyajian teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
Mengomunikasikan
·   Menampilkan   karya teater berdasarkan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional























Prenugasan
Membuat  ringkasan tentang keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional  
Projek
Mempergelarkan teknik bermain teater tradisional
























12 JP























Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia



3.2   Memahami teknik  membuat naskah drama dari sumber budaya tradisional
4.2     Membuat  naskah drama  secara sederhana dari sumber budaya tradisional

Naskah drama  secara sederhana dari sumber budaya tradisional

Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·     Mengamati tayangan keunikan  pementasan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·     Melihat  guru memperagakan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·     Mendengarkan musik ilustrasi pementasan teater tradisional
Menanya
·     Menanya tentang keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·     Menanyakan musik  ilustrasi pementasan teater tradisional sesuai dengan naskah yang disusun
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·     Merangkai berbagai keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
·     Mendiskusikan keunikan pembuatan naskah drama bersumber pada teater tradisional
Mengasosiasi
·    Membandingkan keunikan pementasan berdasarkan  naskah drama bersumber pada teater tradisional
·    Membandingkan bentuk penyajian teater tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasikan
·    Menampilkan   karya teater   tradisional berdasarkan naskah yang disusun

Penugasan
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum  200 kata tentang teater tradisional
Projek
·   mempergelarkan  teater tradisional sesuai dengan naskah yang dibuatnya



12 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.


VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia

3.3           Memahami  teknik dan
         rancangan pertunjukkan teater  tradisional
4.3     Merancang pertunjukkan   teater  tradisional


Rancangan  pertunjukkan teater tradisional

Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang teknik rancangan pertunjukan teater tradisional
·    Mengamati tayangan teater berdasarkan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional dan unsur pendukungnya melalui media
Menanya
·     Menanya tentang pementasan teater dan teknik rancangan pertunjukan teater tradisional serta pendukungnya
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh teknik rancangan pertunjukan teater tradisional dan unsur pendukungnya
·     Merangkai berbagai  ragam teknik rancangan pertunjukan teater tradisional
·     Mendiskusikan ragam teknik rancangan pertunjukan teater tradisionaldan unsur pendukungnya
Mengasosiasi
·    Membandingkanteknik rancangan pertunjukan teater tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema
·    Membandingkan bentuk penyajian teknik rancangan pertunjukan teater tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema
Mengomunikasikan
·    Menampilkan karya rancangan pertunjukan teater tradisional dengan menggunakan unsur pendukungnya




Penugasan
·     Membuat  ringkasan tentangteknik rancangan pertunjukan teater tradisional
Projek
·      Mempergelarkan rancangan pertunjukan teater tradisional  dengan menggunakan unsur pendukung teater


15 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia

3.4    Memahami teknik  pertunjukan teater dengan gaya teater tradisional
4.4     Mempertunjukan teater dengan gaya teater tradisional


Pertunjukan teater dengan gaya teater tradisional

Mengamati
·    Membaca  dari berbagai sumber belajar tentangpertunjukan teater gaya tradisional
·    Mengamati tayangan pertunjukan teater gaya tradisional
·    Mendengarkan beberapa musik ilustrasi pertunjukan teater gaya tradisional
Menanya
·     Menanya tentangpertunjukan teater gaya tradisional
·     Menanya tentang musik ilustrasi pertunjukan teater gaya tradisional
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh pertunjukan teater gaya tradisional
·     Merangkai berbagai  ragam teknik dalam pertunjukan teater gaya tradisional
·     Mendiskusikan pertunjukan teater gaya tradisional
Mengasosiasi
·    Membandingkanpertunjukan teater gaya tradisional di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema yang digunakan
·    Membandingkan bentuk penyajian pertunjukan teater   gaya tradisional tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema yang digunakan
Mengomunikasikan
·     Menampilkan karya teater gaya tradisional sesuai dengan unsur pendukungnya

Penugasan
·     Membuat  kritik seni secara sederhana maksimum 200 kata  tentang teater  gaya tradisional berdasarkan tema 
Projek
·   Mempergelarkan  teater  gaya tradisional  berdasarkan tema  dengan menggunakan unsur pendukung


15 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VIII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia

Catatan : Sekolah minimal wajib memilih dua lingkup seni dari empat lingkup materi seni yang ada





Comments