silabus mata pelajaran seni budaya kelas 9


Satuan Pendidikan        :    SMP

Mata Pelajaran               :    SENI  RUPA

Kelas                              :    IX

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1            Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.   Memahami konsep  dan prosedur  karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.1.   Membuat  karya seni lukis dengan beragam media dan teknik

















Seni lukis dengan beragam media dan teknik

















Mengamati
·     Melihat lukisan  dengan berbagai teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur melukis
Menanya
·     Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam melukis
·     Menanyakan   teknik   melukis dengan bahan krayon, cat air dan cat minyak
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar  dalam aliran seni rupa
·   Mencari  konsep dan prosedur    membuat gambar
·   Bereksperimen dengan beragam media dan teknik
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar  dalam   berbagai teknik dan aliran seni rupa
Mengomunikasikan
·     Membuat lukisan  dengan beragam media dan teknik
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan




















Penugasan
Membuat  ringkasan tentang konsep dan prosedur melukis  dengan beragam media dan teknik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar 
Projek
Membuat lukisan  dengan beragam media dan teknik

















12 JP

















·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas IX
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa


3.2.    Memahami  konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media dan teknik
4.2.   Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik

Seni patung dengan beragam media dan teknik

Mengamati
·     Melihat patung dengan berbagai teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur membuat patung
Menanya
·     Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam membuat patung 
·     Menanyakan   teknik   membuat patung
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur patung dan konteks sosial budaya masyarakat
·   Mencari  konsep dan prosedur    membuat  patung
·   Bereksperimen dengan beragam media dan teknik
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur membuat patung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat
Mengomunikasikan
·      Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik
·      Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·      Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan



Penugasan
Menyusun kritik seni secara sederhana minimum  300 kata tentang konsep dan prosedur membuat seni patung dengan beragam media dan teknik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar
Projek
Membuat seni patung dengan beragam media dan teknik

12 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas IX
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni Rupa


3.3.Memahami  konsep  dan prosedur karya seni grafis dengan beragam media dan teknik
4.3.Membuat karya seni grafis dengan beragam media dan teknik

Seni grafis dengan beragam media dan teknik

Mengamati
·     Melihat gambar dengan berbagai teknik dan media yang berbeda
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur seni grafis
Menanya
·     Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam seni grafis
·     Menanyakan   teknik   dan prosedur seni grafis
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur hasil teknik grafis  dalam  masyarakat
·   Mencari  berbagai    media dalam  membuat gambar dalam seni grafis
·   Bereksperimen dengan beragam media dan teknik
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar  manual dalam  seni grafis
Mengomunikasikan
·      Membuat gambar grafis dengan beragam media dan teknik
·      Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya  yang dikerjakan






Penugasan
Membuat  ringkasan  tentang seni grafis dengan beragam media dan teknik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar
Projek
Membuat seni grafis dengan beragam media dan teknik

15 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas IX
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
   Pameran karya
     seni Rupa

3.4     Memahami konsep  dan prosedur  pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran
4.4   Merancang dan menyelenggarakan pameran


Merancang dan menyelenggarakan pameran


Mengamati
·     Melihat pameran karya seni
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur pameran
Menanya
·     Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam pameran  
·     Menanyakan hasil karya yang layak dipamerkan
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur pameran dengan pertujukan seni
·   Mencari  konsep dan prosedur    pameran
Mengasosiasi
·       Membandingkan  konsep dan prosedur pameran dengan penampilan seni yang lain
Mengomunikasikan
·     Membuat rancangan dan penyelenggarakan pameran
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     Menyampaikan konsep penyelenggaraan pameran yang telah disusun


Penugasan
Membuat  kritik seni secara sederhana minimum 300 kata tentang penyelenggaraan pameran
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar
Portofolio
Menyusun portofolio tentang persiapan, penyelenggaraan dan pertanggungjawaban kegiatan pameran
Projek
Menyelenggarakan pameran seni karya siswa



15 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas IX
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
   Pameran karya
seni Rupa



Satuan Pendidikan        :    SMP

Mata Pelajaran               :    SENI  MUSIK

Kelas                              :    IX

Kompetensi Inti

KI  1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI  2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
KI  3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI  4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.      Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1     Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2     Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya musik, dan penciptanya serta  arrangernya
2.3     Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan         dalam berkarya seni

3.1.      Memahami cara menggubah musik modern  secara unisono atau perseorangan
4.1     Menggubah musik modern  secara unisono     

















Lagu tradisi dan lagu modern

















Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanya
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 
Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya lagu-lagu daerah tradisional
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah
Mengasosiasi
     Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan
Mengomunikasikan
·      Menyanyikan lagu daerah  dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·      Menyanyikan lagu  dengan satu suara  hasil gubahan sendiri
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

















Tes praktik
·     Menyanyikan lagu populer
Portofolio
·    Mengelompokkan lagu tradisi dan lagu modern



















12 JP

















Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku teks pelajaran Seni Budaya Kelas IX

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
 Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.2  Memahami cara merubah musik modern untuk vokal group 
4.2   Mengubah musik modern  untuk vokal group


Lagu tradisi dan lagu modern

Mengamati
·      Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung atau melalui media elektronik
·      Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanya
·        Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·        Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya 
Mengeksplorasi
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu daerah
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara kelompok
Mengasosiasi
·      Menunjukkan  kesamaan penampilan  lagu daerah dengan penampilan di daerah asal dengan lagu yang dinyanyikan
Mengomunikasikan
·      Menyanyikan lagu daerah  bentuk vokal grup
·      Menyanyikan lagu   dengan untuk vokal grup hasil gubahan sendiri  
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

Tse praktik
·     Menyanyikan lagu  secara kelompok daerah
·     Menyanyikan lagu pop
Projek
·       Memberikan ulasan tentang lagu daerah dan lagu modern


12 JP

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku teks pelajaran Seni Budaya Kelas IX

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.3     Memahami  teknik bernyanyi  musik  modern
4.3     Menyanyikan  musik modern sederhana secara perorangan maupun  kelompok


Musik  Ansambel

Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik ritmis 
·     Menanyakan  teknik bermain musik  melodis
·     Menanyakan teknik bermain musik harmonis
Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik 
Mengasosiasi
·     Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik  dengan kedamaian
·     Membandingkan suara yang bising latihan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh di pasar  
Mengomunikasikan
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  musik
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

Projek
·      Membuat iringan musik sederhana  
Tes praktik
·      Bermain Musik ritmis
·      Bermain musik melodis
·      Bermain musik harmonis





15 JP

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku teks pelajaran Seni Budaya Kelas IX

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

3.4     Memahami teknik bermain dan menampilkan musik ansamble
4.4    Menyajikan musik  ansambel 


Musik  Ansambel

Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik ritmis 
·     Menanyakan  teknik bermain musik  melodis
·     Menanyakan teknik bermain musik harmonis
Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik 
Mengasosiasi
·     Menunjukkan keunikan  musik moderen dalam kegiatan sehari-hari
Mengomunikasikan
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  musik
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni

Projek
·      Membuat  kritik seni  tentang pertunjukan kelompok musik sebanyak 50 -100 kata
·      Membuat gubahan musik sendiri
Tes Praktik
·      Bermain Musik ritmis  dan melodis
·      Bermain musik  harmonis





15 JP

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku teks pelajaran Seni Budaya Kelas IX

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD



Satuan Pendidikan        :    SMP

Mata Pelajaran               :    SENI TARI

Kelas                              :    IX

Kompetensi Inti
KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreografernya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1   Memahami komposisi  tari gaya modern
4.1   Menyusun karya tari modern berdasarkan komposisi tari

















Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi

















Mengamati
·     Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi
·     Mengamati tayangan gerak tarigaya modern berdasarkan komposisi melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya modern  berdasarkan komposisi  
Menanya
·     Menanya  tentang  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·     Merangkai berbagai ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·     Mendiskusikan ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya modern berdasarkan komposisi
Mengomunikasikan
·   Menampilkan  karya tari gaya modern berdasarkan komposisi




















Tes praktik
·     Mempergelarkan tari gaya modern berdasarkan komposisi
Projek
·     Mempresentasikan hasil  ringkasan tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi
Portofolio
·      Mengumpulkan data tentang tari-tari modern











12 JP


















Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.

VCD pertunjukan tari modern

Ensiklopedi tari Indonesia




3.2   Memahami komposisi dan iringan  tari gaya modern
4.2   Memperagakan karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai iringan


Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan


Mengamati
·     Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan 
·     Mengamati tayangan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi  sesuai iringan
·     Mendengarkan musik iringan tari gaya modern
Menanya
·     Menanya  tentang  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
·     Merangkai berbagai ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
·     Mendiskusikan ragam  gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai dengan iringan
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengomunikasikan
·   Menampilkan  karya tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan


Projek
·     Membuat  kritik tari tentang tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
maksimum 300 kata
Tes praktik
·     Mempergelarkan tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan


12 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.

VCD pertunjukan tari modern

CD/kaset music iringan tari

Ensiklopedi tari Indonesia


3.3  Memahami komposisi  tari gaya kontemporer
4.3   Menyusun karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari


Penyusunan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi

Mengamati
·    Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·    Mengamati tayangan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi 
Menanya
·     Menanya  tentang  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·     Merangkai berbagai ragam  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·     Mendiskusikan ragam  gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Mengomunikasikan
·   Menampilkan  karya tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi


Projek
·     Mempresentasikan  ringkasan tentang tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Tes praktik
·     Mempergelarkan tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Observasi
·      Mengidentifikasi tari kontemporer melalui lembar pengamatan
15 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.

VCD pertunjukan tari modern

Ensiklopedi tari Indonesia




3.4   Memahami komposisi dan iringan  tari gaya kontemporer
4.4   Memperagakan karya tari kontemporer  berdasarkan komposisi tari sesuai iringan

Peragaan tari gaya kontemporer sesuai dengan iringan


Mengamati
·    Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·    Mengamati tayangan gerak tarigaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi  sesuai iringan
·    Mendengarkan musik iringan tari gaya kontemporer
Menanya
·     Menanya  tentang  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·     Merangkai berbagai ragam  gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·     Mendiskusikan ragam  gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya kontemporer  berdasarkan komposisi sesuai iringan
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengomunikasikan
·   Menampilkan  karya tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·   Membuat sinopsis tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan



Tes praktik
·      Mempergelarkan tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan

Projek
·     Membuat sinopsis tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan



15 JP


Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia, Jakarta: MSPI.

VCD pertunjukan tari modern

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik



Satuan Pendidikan        :    SMP

Mata Pelajaran               :    SENI TEATER

Kelas                              :    IX

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.   Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1   Memahami  tehnik  olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
4.1     Menerapkan tehnik  olah tubuh, olah suara, dan olah rasa  teater Modern Indonesia





















Tehnik  olah tubuh, olah suara, dan olah rasa  teater Modern Indonesia




















Mengamati
·     Membaca dari berbagai sumber belajar tentang teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
·     Mengamati tayangan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
 melalui media
·     Melihat  guru memperagakan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
Menanya
·     Menanya  tentang  teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
·     Merangkai berbagai ragam  teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
·     Mendiskusikan ragam  teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian tari gaya modern berdasarkan komposisi
Mengomunikasikan
Menampilkan  karya olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern dalam bentuk pantomim




















Penugasan
Mempergelarkan pantomim berdasarkan teknik bermain teater
Projek
Membuat  ringkasan tentang teknik bermain teater modern














12 JP




















Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia

3.2   Memahami rancangan  dan pementasan  teater Modern
4.2     Merancang  dan mempersiapkan pementasan  teater Modern.


Rancang an dan persiapan pementasan  teater modern.


Mengamati
·     Membaca dari berbagai sumber belajar tentang rancangan pementasan teater modern 
·     Mengamati tayangan teater gaya modern berdasarkan rancangan pementasan
·     Mendengarkan musik ilustrasi pementasan teater modern
Menanya
·     Menanya  tentang  rancangan pementasan teater modern 
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh rancangan pementasan teater modern 
·     Merangkai berbagai rancangan pementasan teater modern 
·     Mendiskusikan ragam  rancangan pementasan teater modern  sesuai dengan tema
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan rancangan pementasan teater modern 
·   Membandingkan keunikan  bentuk rancangan pementasan teater modern 
Mengomunikasikan
·   Menampilkan  teater gaya modern berdasarkan rancangan pementasan






Penugasan
·     Membuat  kritik teater maksimum 300 kata tentang teater gaya modern sesuai dengan tata teknik pentas
Projek
·     Mempergelarkan teater gaya modern sesuai dengan tata teknik pentas


12 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia



3.3  Memahami rancangan konsep produksi manajemen  pertunjukan teater
4.3 Merancang konsep produksi manajemen 
       pertunjukan teater


Rancang konsep produksi manajemen           pertunjukan teater

Mengamati
·    Membaca dari berbagai sumber belajar tentang konsep  produksi manajemen pertunjukan teater
·    Mengamati tayangan konsep  produksi manajemen pertunjukan teater melalui media
Menanya
·   Menanya  tentang  konsep  produksi manajemen pertunjukan teater
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh konsep  produksi manajemen pertunjukan teater
·     Merangkai berbagai ragam  konsep  produksi manajemen pertunjukan teater
·     Mendiskusikan ragam  konsep  produksi manajemen pertunjukan teater
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan konsep  produksi manajemen pertunjukan teater
·    Membandingkan keunikan  bentuk konsep  produksi manajemen pertunjukan teater
Mengomunikasikan
·   Menampilkan  karya teater hasil produksi manajemen pertunjukan


Penugasan
·     Membuat  ringkasan tentang konsep  produksi manajemen pertunjukan teater
Projek
·     Mempergelarkan teater gaya kontemporer

15 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia

3.4  Memahami pertunjukan teater modern
4.4  Menampilkan  pertunjukan teater modern


Pertunjukan teater modern


Mengamati
·    Membaca dari berbagai sumber belajar tentang penampilan teater gaya modern
·    Mengamati tayangan penampilan teater gaya modern melalui media
·    Mendengarkan musik ilustrasi penampilan teater gaya modern
Menanya
·    Menanya  tentang  penampilan teater gaya modern
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh ragam  penampilan teater gaya modern
·     Merangkai berbagai penampilan teater gaya modern
·     Mendiskusikan ragam  penampilan teater gaya modern
Mengasosiasi
·   Membandingkan keunikan penampilan teater gaya modern
·   Membandingkan keunikan  bentuk penyajian penampilan teater gaya modern
Mengomunikasikan
·   Menampiklan teater gaya modern
·   Membuat sinopsis penampilan teater gaya modern

Penugasan
·      Mempergelarkan tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Projek
·           Membuat sinopsis penampilan teater gaya modern
15 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia


Catatan : Sekolah minimal wajib memilih dua lingkup seni dari empat lingkup materi seni yang ada




Comments