silabus mata pelajaran seni budaya kelas 9
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : SENI RUPA
Kelas : IX
Kompetensi
Inti
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri,
motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI
4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat dan mencipta)
dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menerima, menanggapi
dan menghargai keragaman dan keunikan
karya seni rupa modern sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya
seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis dengan
beragam media dan teknik
4.1. Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan
teknik
|
Seni lukis dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
·
Melihat lukisan dengan berbagai teknik dan media yang
berbeda
·
Membaca buku tentang
konsep dan prosedur melukis
Menanya
· Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam melukis
· Menanyakan teknik melukis dengan bahan krayon, cat air dan
cat minyak
Mengeksplorasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar dalam aliran seni
rupa
· Mencari konsep dan prosedur membuat gambar
· Bereksperimen dengan
beragam media dan teknik
Mengasosiasi
· Membandingkan konsep dan prosedur menggambar dalam berbagai teknik dan aliran seni rupa
Mengomunikasikan
·
Membuat lukisan dengan beragam media dan teknik
·
Menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Penugasan
Membuat ringkasan tentang
konsep dan prosedur melukis dengan beragam media dan teknik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses
belajar
Projek
Membuat lukisan dengan beragam media
dan teknik
|
12 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas IX
·
Buku-buku lain yang
relevan
·
Informasi melalui
internet
·
Pameran karya seni
Rupa
|
3.2. Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media dan teknik
4.2. Membuat karya seni patung dengan beragam media dan teknik
|
Seni patung dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
·
Melihat patung
dengan berbagai teknik dan media yang berbeda
·
Membaca buku tentang
konsep dan prosedur membuat patung
Menanya
· Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam membuat patung
· Menanyakan teknik membuat patung
Mengeksplorasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur patung dan konteks sosial budaya masyarakat
· Mencari konsep dan prosedur membuat patung
· Bereksperimen dengan
beragam media dan teknik
Mengasosiasi
· Membandingkan konsep dan prosedur membuat patung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat
Mengomunikasikan
·
Membuat karya seni
patung dengan beragam media dan teknik
·
Menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Mempresentasikan secara
lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Penugasan
Menyusun kritik seni secara sederhana minimum
300 kata tentang konsep dan prosedur membuat seni patung dengan
beragam media dan teknik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses
belajar
Projek
Membuat seni patung dengan beragam media dan teknik
|
12 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas IX
·
Buku-buku lain yang
relevan
·
Informasi melalui
internet
·
Pameran karya seni
Rupa
|
3.3.Memahami konsep dan prosedur karya seni grafis dengan beragam media dan teknik
4.3.Membuat karya seni grafis dengan beragam media dan teknik
|
Seni grafis dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
·
Melihat gambar
dengan berbagai teknik dan media yang berbeda
·
Membaca buku tentang
konsep dan prosedur seni grafis
Menanya
· Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam seni grafis
· Menanyakan teknik dan prosedur seni grafis
Mengeksplorasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur hasil teknik grafis
dalam masyarakat
· Mencari berbagai media dalam membuat gambar dalam seni grafis
· Bereksperimen dengan
beragam media dan teknik
Mengasosiasi
· Membandingkan konsep dan prosedur menggambar manual dalam seni grafis
Mengomunikasikan
·
Membuat gambar grafis
dengan beragam media dan teknik
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Penugasan
Membuat ringkasan tentang seni grafis dengan beragam media
dan teknik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses
belajar
Projek
Membuat seni grafis dengan beragam media dan teknik
|
15 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas IX
·
Buku-buku lain yang
relevan
·
Informasi melalui
internet
• Pameran
karya
seni Rupa
|
3.4
Memahami konsep dan prosedur pada kegiatan merancang dan
menyelenggarakan pameran
4.4 Merancang dan
menyelenggarakan pameran
|
Merancang
dan menyelenggarakan pameran
|
Mengamati
·
Melihat pameran
karya seni
·
Membaca buku tentang
konsep dan prosedur pameran
Menanya
· Menanyakan media yang murah yang dapat digunakan dalam pameran
· Menanyakan hasil karya yang layak dipamerkan
Mengeksplorasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur pameran dengan pertujukan seni
· Mencari konsep dan prosedur pameran
Mengasosiasi
· Membandingkan konsep dan prosedur pameran dengan penampilan seni yang lain
Mengomunikasikan
·
Membuat rancangan dan
penyelenggarakan pameran
·
Menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Menyampaikan konsep penyelenggaraan
pameran yang telah disusun
|
Penugasan
Membuat kritik seni secara sederhana minimum 300
kata tentang penyelenggaraan pameran
Observasi
Pengamatan
terhadap sikap siswa selama proses
belajar
Portofolio
Menyusun portofolio tentang persiapan,
penyelenggaraan dan pertanggungjawaban kegiatan pameran
Projek
Menyelenggarakan pameran seni karya siswa
|
15 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas IX
·
Buku-buku lain yang
relevan
·
Informasi melalui
internet
• Pameran
karya
seni
Rupa
|
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : SENI
MUSIK
Kelas : IX
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi
dan menghargai keragaman dan
keunikan musik modern sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya musik, dan penciptanya
serta arrangernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya
diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam
berkarya seni
3.1. Memahami cara menggubah musik modern
secara unisono atau perseorangan
4.1 Menggubah
musik modern secara unisono
|
Lagu tradisi dan lagu modern
|
Mengamati
· Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung
atau melalui media elektronik
· Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanya
·
Menanyakan teknik
menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·
Menanyakan fungsi
musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
· Mengidentifikasi ciri khas dan
keunikan teknik dan gaya lagu-lagu daerah tradisional
· Menyusun klipping tentang
ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah
Mengasosiasi
Menunjukkan kesamaan penampilan lagu daerah dengan penampilan di daerah
asal lagu yang dinyanyikan
Mengomunikasikan
· Menyanyikan lagu daerah dengan
satu suara bersama-sama di kelas
· Menyanyikan lagu dengan satu
suara hasil gubahan sendiri
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan
kritik seni
|
Tes praktik
· Menyanyikan lagu populer
Portofolio
· Mengelompokkan lagu tradisi dan lagu modern
|
12 JP
|
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku teks pelajaran Seni
Budaya Kelas IX
Acara
musik di radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.2 Memahami cara merubah musik modern untuk vokal group
4.2 Mengubah musik
modern untuk vokal group
|
Lagu tradisi dan lagu modern
|
Mengamati
· Mendengarkan lagu daerah dan tradisi yang dinyanyikan secara langsung
atau melalui media elektronik
· Membaca berita tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak
Menanya
·
Menanyakan teknik
menyanyikan lagu daerah dan tradisi
·
Menanyakan fungsi
musik tradisi dan waktu pergelarannya serta keunikannya
Mengeksplorasi
· Mengidentifikasi ciri khas dan
keunikan teknik dan gaya kelompok lagu-lagu daerah
· Menyusun klipping tentang
ragam keunikan lagu-lagu tradisi dan lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara
kelompok
Mengasosiasi
· Menunjukkan kesamaan
penampilan lagu daerah dengan
penampilan di daerah asal dengan lagu yang dinyanyikan
Mengomunikasikan
· Menyanyikan lagu daerah bentuk
vokal grup
· Menyanyikan lagu dengan untuk
vokal grup hasil gubahan sendiri
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan
kritik seni
|
Tse praktik
· Menyanyikan lagu secara
kelompok daerah
· Menyanyikan lagu pop
Projek
·
Memberikan ulasan tentang lagu daerah dan lagu
modern
|
12 JP
|
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku teks pelajaran Seni
Budaya Kelas IX
Acara
musik di radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.3 Memahami teknik bernyanyi musik
modern
4.3
Menyanyikan musik modern sederhana secara perorangan
maupun kelompok
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
· Menyaksikan pertunjukkan
kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
· Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
· Menanyakan teknik bermain
musik ritmis
· Menanyakan teknik bermain
musik melodis
· Menanyakan teknik bermain musik harmonis
Mengeksplorasi
· Membagi iringan lagu dalam
kelompok musik dengan baik
dan benar
· Menggubah secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
· Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok
musik dengan kedamaian
· Membandingkan suara yang bising latihan musik tanpa pembimbing dengan
suasana riuh di pasar
Mengomunikasikan
· Menampilkan pertunjukkan kelompok
musik di dalam kelas
· Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok musik
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan
kritik seni
|
Projek
· Membuat iringan musik sederhana
Tes praktik
· Bermain Musik ritmis
· Bermain musik melodis
· Bermain musik harmonis
|
15 JP
|
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku teks pelajaran Seni
Budaya Kelas IX
Acara
musik di radio dan TV
DVD, VCD
|
3.4
Memahami teknik
bermain dan menampilkan musik ansamble
4.4 Menyajikan
musik ansambel
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
· Menyaksikan pertunjukkan
kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
· Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
· Menanyakan teknik bermain
musik ritmis
· Menanyakan teknik bermain
musik melodis
· Menanyakan teknik bermain musik harmonis
Mengeksplorasi
· Membagi iringan lagu dalam
kelompok musik dengan baik
dan benar
· Menggubah secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
· Menunjukkan keunikan musik
moderen dalam kegiatan sehari-hari
Mengomunikasikan
· Menampilkan pertunjukkan kelompok
musik di dalam kelas
· Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok musik
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan
kritik seni
|
Projek
· Membuat kritik seni tentang pertunjukan kelompok musik sebanyak
50 -100 kata
· Membuat gubahan musik sendiri
Tes Praktik
· Bermain Musik ritmis dan
melodis
· Bermain musik harmonis
|
15 JP
|
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku teks pelajaran Seni
Budaya Kelas IX
Acara
musik di radio dan TV
DVD, VCD
|
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : SENI TARI
Kelas : IX
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 :
Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,
toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak
mata.
KI 4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat dan mencipta)
dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami komposisi tari gaya
modern
4.1 Menyusun karya tari modern berdasarkan komposisi tari
|
Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya modern
berdasarkan komposisi
· Mengamati tayangan gerak tarigaya modern berdasarkan komposisi
melalui media
· Melihat guru memperagakan
gerak tari gaya modern berdasarkan
komposisi
Menanya
· Menanya tentang gerak tari gaya modern berdasarkan
komposisi
Mengeksplorasi
· Mencari contoh ragam gerak
tari gaya modern berdasarkan komposisi
· Merangkai berbagai ragam gerak
tari gaya modern berdasarkan komposisi
· Mendiskusikan ragam gerak tari
gaya modern berdasarkan komposisi
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
· Membandingkan keunikan bentuk
penyajian tari gaya modern berdasarkan komposisi
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya tari gaya
modern berdasarkan komposisi
|
Tes praktik
·
Mempergelarkan tari
gaya modern berdasarkan komposisi
Projek
·
Mempresentasikan hasil ringkasan tentang tari gaya
modern berdasarkan komposisi
Portofolio
·
Mengumpulkan data tentang tari-tari modern
|
12 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX
Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi,
ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD pertunjukan
tari modern
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
3.2 Memahami komposisi dan iringan
tari gaya modern
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan komposisi tari sesuai
iringan
|
Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya modern
berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Mengamati tayangan gerak tari gaya modern
berdasarkan komposisi sesuai iringan melalui media
· Melihat guru memperagakan
gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
sesuai iringan
· Mendengarkan musik iringan tari gaya modern
Menanya
· Menanya tentang gerak tari gaya modern berdasarkan
komposisi sesuai iringan
Mengeksplorasi
· Mencari contoh ragam gerak
tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Merangkai berbagai ragam gerak
tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Mendiskusikan ragam gerak tari
gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
sesuai dengan iringan
· Membandingkan keunikan bentuk
penyajian tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya tari gaya
modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
|
Projek
·
Membuat kritik tari tentang tari gaya modern
berdasarkan komposisi sesuai iringan
maksimum
300 kata
Tes praktik
·
Mempergelarkan tari
gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
|
12 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni
budaya kelas IX
Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi,
ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari modern
CD/kaset
music iringan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
3.3
Memahami komposisi tari gaya
kontemporer
4.3 Menyusun karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari
|
Penyusunan gerak tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi
· Mengamati tayangan gerak tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi melalui media
· Melihat guru memperagakan
gerak tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi
Menanya
· Menanya tentang gerak tari gaya kontemporer berdasarkan
komposisi
Mengeksplorasi
· Mencari contoh ragam gerak
tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
· Merangkai berbagai ragam gerak
tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
· Mendiskusikan ragam gerak tari
gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
· Membandingkan keunikan bentuk
penyajian tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya tari gaya
kontemporer berdasarkan komposisi
|
Projek
·
Mempresentasikan ringkasan tentang tari gaya
kontemporer berdasarkan komposisi
Tes praktik
·
Mempergelarkan tari
gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Observasi
·
Mengidentifikasi tari kontemporer melalui lembar
pengamatan
|
15 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya
kelas IX
Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi,
ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari modern
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
3.4 Memahami komposisi dan iringan
tari gaya kontemporer
4.4 Memperagakan karya tari kontemporer
berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
|
Peragaan tari gaya kontemporer sesuai dengan iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Mengamati tayangan gerak tarigaya kontemporer berdasarkan komposisi
sesuai iringan melalui media
· Melihat guru memperagakan
gerak tari gaya kontemporer
berdasarkan komposisi sesuai
iringan
· Mendengarkan musik iringan tari gaya kontemporer
Menanya
· Menanya tentang gerak tari gaya kontemporer berdasarkan
komposisi sesuai iringan
Mengeksplorasi
· Mencari contoh ragam gerak
tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Merangkai berbagai ragam gerak
tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Mendiskusikan ragam gerak tari
gaya kontemporer berdasarkan komposisi
sesuai iringan
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Membandingkan keunikan bentuk
penyajian tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya tari gaya
kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
· Membuat sinopsis tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai
iringan
|
Tes praktik
·
Mempergelarkan tari
gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Projek
·
Membuat sinopsis tari
gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
|
15 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX
Hawkins, Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi,
ISI, Yogyakarta
Hawkins, Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari modern
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : SENI TEATER
Kelas : IX
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI
2 : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri,
motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI
4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat dan mencipta)
dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi
dan menghargai keragaman dan keunikan
karya seni teater modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap
menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, santun terhadap naskah drama,
pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa
teater Modern Indonesia
4.1
Menerapkan
tehnik olah tubuh, olah suara, dan
olah rasa teater Modern Indonesia
|
Tehnik
olah tubuh, olah suara, dan olah rasa
teater Modern Indonesia
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa
teater modern
· Mengamati tayangan
teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
melalui media
· Melihat guru memperagakan teknik olah tubuh, olah
suara dan olah rasa teater modern
Menanya
· Menanya tentang
teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa teater modern
Mengeksplorasi
· Mencari contoh
ragam teknik olah tubuh, olah suara
dan olah rasa teater modern
· Merangkai berbagai
ragam teknik olah tubuh, olah suara
dan olah rasa teater modern
· Mendiskusikan ragam teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa
teater modern
Mengasosiasi
· Membandingkan keunikan gerak tari gaya modern berdasarkan
komposisi
·
Membandingkan keunikan bentuk penyajian tari gaya modern
berdasarkan komposisi
Mengomunikasikan
Menampilkan karya olah tubuh, olah suara
dan olah rasa teater modern dalam bentuk pantomim
|
Penugasan
Mempergelarkan
pantomim berdasarkan teknik bermain teater
Projek
Membuat ringkasan tentang teknik bermain teater
modern
|
12 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara.
Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang
Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,
Brook. 2002. Sistem Pelatihan
Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan
Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni
Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh.
Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
3.2 Memahami rancangan dan
pementasan teater Modern
4.2
Merancang dan mempersiapkan pementasan teater Modern.
|
Rancang an dan persiapan
pementasan teater modern.
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang rancangan pementasan teater modern
· Mengamati tayangan
teater gaya modern berdasarkan rancangan pementasan
· Mendengarkan musik
ilustrasi pementasan teater modern
Menanya
·
Menanya
tentang rancangan pementasan
teater modern
Mengeksplorasi
· Mencari contoh rancangan
pementasan teater modern
· Merangkai berbagai
rancangan pementasan teater modern
· Mendiskusikan ragam rancangan pementasan teater modern sesuai dengan tema
Mengasosiasi
·
Membandingkan keunikan rancangan
pementasan teater modern
·
Membandingkan keunikan bentuk rancangan pementasan teater
modern
Mengomunikasikan
· Menampilkan teater gaya modern berdasarkan rancangan pementasan
|
Penugasan
·
Membuat kritik teater maksimum 300 kata tentang
teater gaya modern sesuai dengan tata teknik pentas
Projek
·
Mempergelarkan teater
gaya modern sesuai dengan tata teknik pentas
|
12 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara.
Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang
Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,
Brook. 2002. Sistem Pelatihan
Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan
Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni
Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh.
Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
3.3
Memahami rancangan konsep produksi manajemen pertunjukan teater
4.3 Merancang konsep produksi manajemen
pertunjukan teater
|
Rancang konsep produksi manajemen pertunjukan teater
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang konsep
produksi manajemen pertunjukan teater
· Mengamati tayangan
konsep produksi manajemen pertunjukan
teater melalui media
Menanya
· Menanya tentang
konsep produksi manajemen
pertunjukan teater
Mengeksplorasi
· Mencari contoh
konsep produksi manajemen pertunjukan
teater
· Merangkai berbagai
ragam konsep produksi manajemen pertunjukan teater
· Mendiskusikan ragam konsep
produksi manajemen pertunjukan teater
Mengasosiasi
·
Membandingkan keunikan konsep produksi manajemen pertunjukan teater
· Membandingkan
keunikan bentuk konsep produksi manajemen pertunjukan teater
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya teater hasil produksi
manajemen pertunjukan
|
Penugasan
·
Membuat ringkasan tentang konsep produksi manajemen pertunjukan teater
Projek
·
Mempergelarkan teater
gaya kontemporer
|
15 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara.
Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang
Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,
Brook. 2002. Sistem Pelatihan
Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan
Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni
Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh.
Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
3.4
Memahami pertunjukan teater modern
4.4 Menampilkan pertunjukan teater
modern
|
Pertunjukan teater modern
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang penampilan teater gaya modern
· Mengamati tayangan
penampilan teater gaya modern melalui media
· Mendengarkan musik
ilustrasi penampilan teater gaya modern
Menanya
· Menanya tentang
penampilan teater gaya modern
Mengeksplorasi
· Mencari contoh
ragam penampilan teater gaya modern
· Merangkai berbagai
penampilan teater gaya modern
· Mendiskusikan ragam penampilan teater gaya modern
Mengasosiasi
·
Membandingkan keunikan penampilan
teater gaya modern
·
Membandingkan keunikan bentuk penyajian penampilan teater gaya
modern
Mengomunikasikan
· Menampiklan teater gaya
modern
· Membuat sinopsis
penampilan teater gaya modern
|
Penugasan
·
Mempergelarkan tari
gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Projek
·
Membuat sinopsis penampilan teater gaya modern
|
15 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara.
Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang
Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,
Brook. 2002. Sistem Pelatihan
Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan
Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni
Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh.
Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
Catatan : Sekolah minimal wajib memilih dua lingkup
seni dari empat lingkup materi seni yang ada
Comments
Post a Comment