silabus mata pelajaran senibu daya kelas 7


1.           SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA


Satuan Pendidikan        :    SMP

Mata Pelajaran                     :    SENI  RUPA

Kelas                           :    VII

Kompetensi Inti

KI 1  :  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3:    Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:    Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.   Memahami  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
4.1.   Menggambar flora, fauna dan benda alam


















Menggambar flora, fauna dan benda alam


















Mengamati
·     Melihat gambar flora, fauna dan benda alam
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
Menanya
·     Menanyakan cara  menggambar flora, fauna dan benda alam
·     Menanyakan  makna  gambar  flora, fauna dan benda alam di masyarakat
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·   Mencari  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengasosiasi
·   Menunjukkan makna yang terkandung pada  gambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·   Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
·     Membuat gambar flora, fauna dan benda alam
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan


















Penugasan
Membuat  ringkasan tentang prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar
Projek
Membuat gambar flora, fauna dan benda alam


















12 JP

















·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni rupa


3.2.      Memahami   konsep dan prosedur   menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
4.2.      Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias


Ragam hias flora dan fauna serta geometrik


Mengamati
·  Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanya
·  Menanyakan cara  menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
·     Mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     Mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya
yang dikerjakan

Penugasan
Membuat  kritik seni secara sederhana minimum  100 kata tentang gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar 
Projek
Membuat gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

12 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni rupa


3.3.      Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil
4.3.      Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil


Ragam hias pada  bahan tekstil

Mengamati
·  Melihat tekstil dengan gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil
Menanya
·  Menanyakan konsep ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil
·  Menanyakan prosedur  menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
·      Bereksperimen dengan beragam media
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
·   Membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·   Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Tugas.
Membuat  ringkasan tulisan tentang kriya tekstil dengan motif ragam hias
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar 
Projek
Membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias

15 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni rupa


3.4.   Memahami   konsep  dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu
4.4.  Menerapkan ragam hias pada  bahan kayu

Ragam hias pada  bahan kayu

Mengamati
·      Melihat bahan kayu dengan gambar ragam    hias flora   dan  fauna serta geometrik
·      Membaca buku tentang konsep dan  prosedur   menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada kayu
Menanya
·      Menanyakan konsep ragam hias flora dan fauna  serta geometrik  pada bahan kayu
·      Menanyakan prosedur  menerapkan  ragam hias  flora dan fauna serta geometrik  pada bahan kayu
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·      Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·      Membandingkan   konsep dan prosedur  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang  berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
·     Membuat kriya kayu  dengan motif ragam hias flora  dan  fauna serta geometrik
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     Mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

Penugasan
Membuat  kritik seni secara sederhana minimum  100 kata tentang kriya kayu  dengan motif ragam hias flora  dan  fauna serta geometrik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap  siswa selama proses belajar 
Projek
Membuat kriya kayu  dengan motif ragam hias flora  dan  fauna serta geometrik

15 JP

·      Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·      Buku-buku lain yang relevan
·      Informasi melalui internet
·      Pameran karya seni rupa



Satuan Pendidikan        :    SMP

Mata Pelajaran               :    SENI  MUSIK

Kelas                              :    VII

Kompetensi Inti

KI 1  :  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3:    Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:    Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1.  Menunjukkan sikap  menghargai,jujur,         disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab
peduli, dan santun  terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3.  Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam  berkarya seni
3.1. Memahami  teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara unisono 
4.1. Menyanyikan lagu  secara unisono 



















Teknik   Vokal dan bernyanyi unisono


















Mengamati
·      Mendengarkan lagu yang dinyanyikan secara  unisono secara langsung melalui media elektronik
·      Melihat partitur lagu satu suara
Menanya
·      Menanyakan kemampuan suara manusia dengan jenis partitur  suatu lagu.
·      Menanyakan hubungan mutu suara manusia dengan aspek kesehatan
·      Menanyakan hubungan  sikap dan teknik bernyanyi dengan kejelasan ucapan dalam bernyanyi
Mengeksplorasi
·        Menyanyikan kalimat lagu dengan bersenandung  satu frase satu tarikan nafas
·        Menyanyikan sebuah lagu secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar
·        Mengidentifikasi perubahan suara pada remaja (Organ suara manusia)
·        Menyusun  klipping  tentang pertunjukkan musik vokal  secara unison
Mengasosiasi
·        Membedakan bentuk kotak suara manusia dengan tinggi rendahnya nada yang ditampilkan (warna suara)
·        Menunjukkan kualitas suara dengan kebiasaan merokok dan pengaruhnya terhadap pita suara
Mengomunikasikan
·          Menyanyikan lagu dengan satu suara  bersama-sama di kelas
·         Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 


















Projek
·        Membuat  ulasan tentang teknik  bernyanyi  secara unisono sebanyak 100 kata 
Tes praktik
Bernyanyi secara unisono




















12 JP


















Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku teks pelajaran  Seni Budaya Kelas VII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

3.2    Memahami teknik vokal dalam    bernyanyi  lagu secara vokal group 
4.2. Menyanyikan lagu secara vokal  group 



Teknik bernyanyi dalam Vokal   Group


Mengamati
·     Menyaksikan pertunjukkan  vocal group secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengar lagu bentuk kanon
·     Melihat partitur lagu untuk vokal grup
Menanya
·     Menanyakan penggolongan suara manusia  dengan pembagian melodi suara satu, dua dan tiga 
·     Menanyakan mengapa perpaduan nada (akord) walau berbada nada terdengar indah
·     Menanyakan tentang alasan kekompakan sebagai hal penting dalam vokal grup
Mengeksplorasi
·     Menentukan pembagian suara  dalam vokal  group  dengan  baik  dan  benar
·     Menyanyikan lagu dengan perubahan dinamika
Mengasosiasi
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu minor dengan suasana sedih, syahdu dan penuh haru
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu mayor dengan suasana riang, senang dan gembira 
Mengomunikasikan
·   Menampilkan  pertunjukkan vokal group dalam kelas
·   Membuat tulisan tentang kritik seni pertunjukan vokal grup

Tes praktik
·      Menyanyikan  lagu kanon
·      Menyanyikan lagu dua suara
·      Menyanyikan lagu tiga suara



15 JP

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku teks pelajaran Seni Budaya Kelas VII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD

3.3        Memahami teknik bermain  musik  sederhana secara perorangan dan  kelompok
4.3        Memainkan instrumen musik sederhana secara perorangan dan  kelompok


Musik  Ansambel

Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
·     Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
·     Menanyakan  teknik bermain musik rimis 
·     Menanyakan  teknik bermain musik  melodis
Mengeksplorasi
·     Membagi   iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik 
Mengasosiasi
·     Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik dengan tentara
·     Membandingkan suara yang bising latihan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh di pasar  
Mengomunikasikan
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok  musik
·     Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 


Tes praktik
·        Bermain Musik ritmis
·        Bermain musik melodis
Penugasan
·      Menggubah  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik
Projek
·   Mempresentasi-kan tentang musik ansambel






12 JP

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


3.4        Memahami teknik bermain    musik ansambel sederhana
4.4  Memainkan musik
       ansambel sederhana


Musik       
Ansamble


Mengamati 
   Menyaksikan pertunjukkan  kelompok  musik ansamble langsung melalui media pembelajaran
Menanya
   Mendiskusikan tentang penampilan  kelompok musik ansamble yang dipertunjukkan
Mengeksplorasi
·     Mendemonstrasikan teknik  permainan musik ansamble  secara berkelompok dengan baik dan benar
·     Membagi  iringan musik  lagu - lagu ansamble dalam masing-masing kelompok
Mengasosiasi
   Membandingkan konsep pertunjukkan acara ansamble musik dengan sebuah pertunjukkan  musik 
Mengomunikasikan
·       Mempertunjukkan musik ansamble secara berkelompok di dalam kelas
·       Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  kritik seni 


Projek
·      Membuat ulasan musik
·      Mempresentasikan tentang iringan musik sederhana
Tes praktik
·      Bermain Musik ansambel campuran


15 JP

Buku Lagu Wajib      lagu Nasional,  Daerah dan Populer

Buku Paket Seni Budaya Kelas VII

Acara  musik di radio dan TV

DVD, VCD


Satuan Pendidikan        :    SMP

Mata Pelajaran               :    SENI TARI

Kelas                              :    VII

Kompetensi Inti
KI I    : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola   hidup sehat, ramah  lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan  keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak      (menulis, membaca,  menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan sikap  menghargai, jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.1.  Memahami  gerak tari berdasarkan unsur  ruang waktu dan tenaga
4.1    Melakukan   gerak tari berdasarkan unsur  ruang waktu dan tenaga
















Gerak tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga


















Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga  
·     Mengamati tayangan  gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga melalui media
·     Melihat  guru memperagakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga  
Menanya
·     Menanya tentang  gerak tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·     Merangkai berbagai gerak tari sesuai  dengan  ruang, waktu dan tenaga dengan hitungan atau ketukan
·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga
Mengasosiasi
·      Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·      Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
Mengomunikasikan
·      Menampilkan karya tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga


















Projek
·     Membuat ringkasan tulisan tentang tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
Tes praktik
·     Meragakan tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga dengan hitungan atau ketukan





















12 JP


















Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari


Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik


3.2    Memahami   gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
4.2    Memperagakan  gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan


Gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan


Mengamati
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·      Mendengarkan berbagai musik iringan tari 
·      Mengamati gerak tari berdasarkan unsur ruang,  waktu dan tenaga  sesuai iringan
Menanya
·     menanyakan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·     menanyakan berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·     Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan  ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·     Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
·   Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasikan
·   Menampilkan karya tari berdasarkan unsur  ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·   Membuat sinopsis tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana


Projek
·     Membuat  ulasan tari  secara sederhana berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga maksimum  100 kata
Tes praktik
·   Meragakan  tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan



12 JP

Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari

VCD/kaset musik iringan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik



3.3    Memahami   gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai
4.3    Melakukan    gerak tari dengan menggunakan level dan pola lantai


Melakukan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai

Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai  
·     Mengamati gerak tari berdasarkan level dan pola lantai dengan menggunakan media
Menanya
·     Menanya tentang  gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·      Merangkai berbagai gerak tari sesuai           dengan  level dan pola lantai
·      Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
Mengasosiasi
·   Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
Mengomunikasikan
·   Menampilkan   karya tari berdasarkan level dan pola lantai
·   Membuat sinopsis tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana

Projek
·     Mempresentasikan ringkasan tulisan tentang tari berdasarkan level dan pola lantai
Portofolio
Mengumpulkan data tentang tari-tari daerah setempat atau daerah lain dengan memperhatikan level dan pola lantai
Tes praktik
·      Melakukan    gerak tari dengan menggunakan level dan pola lantai


15 JP

Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari
VCD/kaset musik iringan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik



3.4    Memahami  gerak tari   berdasarkan level, dan pola lantai  sesuai iringan
4.4    Memperagakan  gerak tari   berdasarkan level, dan pola lantai  sesuai iringan



Memperagakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan


Mengamati
·     Mendengarkan berbagai musik iringan tari 
·     Mengamati gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
Menanya
·     Menanyakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·     Menanyakan berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·     Menghubungkan berbagai gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·     Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
·   Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
·   Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasikan
·   Menampilkan karya tari berdasarkan unsur  level dan pola lantai sesuai iringan

Projek
·     Membuat  kritik tari  secara sederhana berdasarkan level dan pola lantai sesuai dengan iringan maksimum  100 kata
Tes praktik
·      Meragakan    tari   sesuai level, dan pola lantai  sesuai iringan



15 JP

Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII

Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan Kesenian Jakarta, Jakarta.

VCD pertunjukan tari

VCD/kaset music iringan tari

Ensiklopedi tari Indonesia

Media cetak dan elektronik





Satuan Pendidikan        :    SMP

Mata Pelajaran               :    SENI TEATER

Kelas                              :    VII

Kompetensi Inti

KI 1 :    Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam  berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3:    Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:    Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan seni  teater sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap
        percaya diri , motivasi internal , kepedulian
        terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami  teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
4.1.  Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber alam sekitar sebagai inspirasi.























Teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa






















Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
·     Mengamati tayangan  dasar-dasar teknik akting dalam drama melalui media
·      Melihat  guru memperagakan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
Menanya
·     Menanya tentang teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa berdasarkan tema alam
Mengeksplorasi
·      Mencari contoh teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
·      Merangkai berbagai teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
·      Mendiskusikan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
Mengasosiasi
·      Membandingkan teater di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
·      Membandingkan bentuk penyajian teater daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
Mengomunikasikan
·      Menampilkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .























Penugasan
·     Membuat ringkasan tulisan tentang dasar-dasar teknik akting bermain teater

Projek
·     Meragakan  teknik olah tubuh dalam bentuk pantomim

























12 JP






















Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia


3.2.Memahami teknik penyusunan, konsep dan  naskah  drama.
4.2.  Membuat  konsep /naskah  drama yang berkaitan dengan tema alam.


Konsep /naskah  drama.

Mengamati
·      Membaca dari berbagai sumber belajar tentang penyusunan dan konsep naskah drama
·      Mendengarkan berbagai musik ilustrasi teater
·      Mengamati gerak alam semesta sebagai sumber penyusunan naskah drama
Menanya
·     Menanyakan penyusunan dan konsep naskah drama dengan tema alam
·     menanyakan berbagai macam musik ilustrasi teater
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh penyusunan dan konsep naskah drama
·     Merangkai ide-ide cerita dalam menyusun naskah drama
·     Mendiskusikan penyusunan dan konsep naskah drama dengan tema alam
·     Mendiskusikan berbagai macam musik ilustrasi pementasan teater
Mengasosiasi
·   Membandingkan teater bertema alam di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan penyusunan dan konsep naskah drama
·   Membandingkan bentuk penyajian teater bertema alam daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan musik ilustrasi teater bertema dalam di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasikan
·   Menampilkan naskah drama berdasarkan tema alam
·   Membuat naskah drama pendek  yang di peragakan secara sederhana


Penugasan
·     Membuat  kritik teater  secara sederhana maksimum  100 kata tentang teater berdasarkan tema alam
Projek
·   Mempergelarkan naskah drama pendek tema alam



12 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia



3.3.  Memahami rancangan teknik  pementasan
4.3.  Merancang pementasan dan menerapkan prinsip kerjasama dalam   berteater


Rancangan pementasan

Mengamati
·     Membaca  dari berbagai sumber belajar tentang tata teknik pentas
·     Mengamati tata teknik pentas dengan menggunakan media
Menanya
·      Menanya tentang tata teknik pentas sesuai dengan tema
Mengeksplorasi
·      Mencari contoh tata teknik pentas
·      Merangkai berbagai tata teknik pentas sesuai dengan tema
·      Mendiskusikan tata teknik pentas sesuai dengan tema
Mengasosiasi
·   Membandingkantata teknik pentas teater alam di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema
·   Membandingkan bentuk penyajian teater daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema
Mengomunikasikan
·   Menampilkan   karya tata teknik pentas sesuai dengan tema
·   Membuat sinopsis teater sesuai dengan tema  yang di peragakan secara sederhana

Penugasan
·     Membuat ringkasan tulisan tentang tata teknik pentas
Projek
·      Melakukan praktik tata teknik pentas


15 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia


3.4    Memahami teknik menampilkan pertunjukkan teater
4.4    Menampilkan pertunjukkan teater



Pertunjukan teater


Mengamati
·     Mengamati pementasan teater bertema alam sesuai dengan tata teknik pentas yang digunakan
·     Membaca naskah drama bertema alam sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
Menanya
·     Menanyakan pementasan teater bertema alam dengan tata busana yang digunakan
·     Menanyakan berbagai macam musik ilustrasi pementasan teater bertema alam
Mengeksplorasi
·     Mencari contoh pementasan teater bertema alam dengan tata teknik pentas yang sesuai
·     Menghubungkan pementasan teater bertema alam dengan tata teknik pentas yang dibutuhkan
·     Mendiskusikan pementasan teater bertema alam
·     Mendiskusikan berbagai macam musik ilustrasi pementasan teater bertema alam
Mengasosiasi
·   Membandingkan pementasan teater bertema alam di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan bentuk penyajian teater bertema alam  daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·   Membandingkan musik ilustrasi pementasan teater bertema di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasikan
·   Menampilkan karya teater bertema alam sesuai dengan tata teknik pentas


Penugasan
·     Membuat  kritik seni teater secara sederhana maksimum  100 kata tentang pementasan teater
Projek
·      Melakukan penampilan teater bertema alam sesuai dengan tata teknik pentas



15 JP

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VII

Anirun, Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI PRESS.
Brook, Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara, Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter, Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,  Brook. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria, Rikrik  El. 2006.  Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.

VCD pertunjukan teater
Ensiklopedia teater Indonesia



Catatan : Sekolah minimal wajib memilih dua lingkup seni dari empat lingkup materi seni yang ada




Comments

Popular posts from this blog

Teknik Membuat Gambar Ilustrasi Manual dan Digital

silabus mata pelajaran seni budaya kelas 8