silabus mata pelajaran senibu daya kelas 7
1.
SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
SENI RUPA
Kelas : VII
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima, menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
4.1. Menggambar flora, fauna dan benda alam
|
Menggambar
flora, fauna dan benda alam
|
Mengamati
·
Melihat gambar
flora, fauna dan benda alam
·
Membaca buku tentang
konsep dan prosedur menggambar flora,
fauna dan benda alam
Menanya
· Menanyakan cara menggambar
flora, fauna dan benda alam
· Menanyakan makna gambar
flora, fauna dan benda alam di masyarakat
Mengeksplorasi
· Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
· Mencari konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengasosiasi
· Menunjukkan makna yang terkandung pada gambar flora, fauna dan benda alam dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
· Membandingkan konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
· Membuat gambar flora, fauna dan benda alam
· Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Penugasan
Membuat ringkasan tentang prosedur menggambar
flora, fauna dan benda alam
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses
belajar
Projek
Membuat gambar
flora, fauna dan benda alam
|
12 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang
relevan
·
Informasi melalui
internet
·
Pameran karya seni rupa
|
|
3.2. Memahami konsep dan prosedur menggambar gubahan flora dan
fauna serta geometrik menjadi ragam hias
4.2. Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
|
Ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
|
Mengamati
· Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanya
· Menanyakan cara menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan makna gambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara
konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan budaya setempat
· Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang
dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
· Mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya
yang
dikerjakan
|
Penugasan
Membuat kritik seni secara sederhana
minimum 100 kata tentang gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses
belajar
Projek
Membuat gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
|
12 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang
relevan
·
Informasi melalui
internet
·
Pameran karya seni rupa
|
|
3.3. Memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias
pada bahan tekstil
4.3. Menerapkan ragam hias pada
bahan tekstil
|
Ragam
hias pada bahan tekstil
|
Mengamati
· Melihat tekstil dengan gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
Menanya
· Menanyakan konsep ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada
tekstil
· Menanyakan prosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna
serta geometrik pada tekstil
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur
menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
·
Bereksperimen dengan beragam media
Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara
konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan budaya setempat
· Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang
dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
· Membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias flora
dan fauna serta geometrik
·
Menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
Membuat ringkasan tulisan tentang kriya tekstil dengan motif ragam hias
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses
belajar
Projek
Membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias
|
15 JP
|
· Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas
VII
· Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa
|
|
3.4. Memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu
4.4.
Menerapkan ragam
hias pada bahan kayu
|
Ragam
hias pada bahan kayu
|
Mengamati
·
Melihat bahan kayu dengan gambar ragam hias flora dan fauna
serta geometrik
· Membaca buku tentang konsep dan prosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada kayu
Menanya
·
Menanyakan konsep ragam
hias flora dan fauna serta
geometrik pada bahan kayu
·
Menanyakan prosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada
bahan kayu
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan konsep
dan prosedur menggambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara
konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan budaya setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengomunikasikan
· Membuat kriya kayu dengan motif
ragam hias flora dan fauna
serta geometrik
·
Menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Penugasan
Membuat kritik seni secara
sederhana minimum 100 kata tentang
kriya kayu dengan motif ragam hias flora dan fauna
serta geometrik
Observasi
Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses
belajar
Projek
Membuat kriya kayu dengan motif ragam
hias flora dan fauna
serta geometrik
|
15 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang
relevan
·
Informasi melalui
internet
·
Pameran karya seni rupa
|
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : SENI
MUSIK
Kelas : VII
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima, menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1. Menunjukkan sikap
menghargai,jujur,
disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya serta
arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap percaya
diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya
seni
3.1. Memahami teknik vokal dalam
bernyanyi lagu secara unisono
4.1. Menyanyikan lagu secara
unisono
|
Teknik Vokal dan bernyanyi unisono
|
Mengamati
· Mendengarkan lagu yang dinyanyikan secara unisono secara langsung melalui media
elektronik
· Melihat partitur lagu satu suara
Menanya
· Menanyakan kemampuan suara manusia dengan jenis partitur suatu lagu.
· Menanyakan hubungan mutu suara manusia dengan aspek kesehatan
· Menanyakan hubungan sikap dan
teknik bernyanyi dengan kejelasan ucapan dalam bernyanyi
Mengeksplorasi
·
Menyanyikan kalimat
lagu dengan bersenandung satu frase
satu tarikan nafas
·
Menyanyikan sebuah
lagu secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar
·
Mengidentifikasi
perubahan suara pada remaja (Organ suara manusia)
·
Menyusun klipping
tentang pertunjukkan musik vokal
secara unison
Mengasosiasi
·
Membedakan bentuk
kotak suara manusia dengan tinggi rendahnya nada yang ditampilkan (warna
suara)
·
Menunjukkan kualitas
suara dengan kebiasaan merokok dan pengaruhnya terhadap pita suara
Mengomunikasikan
·
Menyanyikan lagu
dengan satu suara bersama-sama di
kelas
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan
kritik seni
|
Projek
·
Membuat ulasan tentang
teknik bernyanyi secara unisono sebanyak 100 kata
Tes praktik
Bernyanyi
secara unisono
|
12 JP
|
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku teks pelajaran Seni Budaya Kelas VII
Acara
musik di radio dan TV
DVD, VCD
|
|
3.2 Memahami
teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara vokal
group
4.2. Menyanyikan lagu secara vokal group
|
Teknik bernyanyi dalam Vokal Group
|
Mengamati
· Menyaksikan pertunjukkan vocal
group secara langsung melalui media elektronik
· Mendengar lagu bentuk kanon
· Melihat partitur lagu untuk vokal grup
Menanya
· Menanyakan penggolongan suara manusia
dengan pembagian melodi suara satu, dua dan tiga
· Menanyakan mengapa perpaduan nada (akord) walau berbada nada
terdengar indah
· Menanyakan tentang alasan kekompakan sebagai hal penting dalam vokal
grup
Mengeksplorasi
· Menentukan pembagian suara
dalam vokal group dengan
baik dan benar
· Menyanyikan lagu dengan perubahan dinamika
Mengasosiasi
· Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu minor
dengan suasana sedih, syahdu dan penuh haru
· Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu mayor dengan suasana riang, senang dan gembira
Mengomunikasikan
· Menampilkan pertunjukkan vokal
group dalam kelas
· Membuat tulisan tentang kritik seni pertunjukan vokal grup
|
Tes praktik
· Menyanyikan lagu kanon
· Menyanyikan lagu dua suara
· Menyanyikan lagu tiga suara
|
15 JP
|
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku teks pelajaran Seni
Budaya Kelas VII
Acara
musik di radio dan TV
DVD, VCD
|
|
3.3
Memahami teknik
bermain musik sederhana secara perorangan dan kelompok
4.3
Memainkan instrumen
musik sederhana secara perorangan dan
kelompok
|
Musik
Ansambel
|
Mengamati :
· Menyaksikan pertunjukkan
kelompok musik secara langsung melalui media elektronik
· Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanya
· Menanyakan teknik bermain
musik rimis
· Menanyakan teknik bermain
musik melodis
Mengeksplorasi
· Membagi iringan lagu dalam
kelompok musik dengan baik
dan benar
· Menggubah secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Mengasosiasi
· Membandingkan kedisiplinan dan kekompakan penampilan kelompok musik
dengan tentara
· Membandingkan suara yang bising latihan musik tanpa pembimbing dengan
suasana riuh di pasar
Mengomunikasikan
· Menampilkan pertunjukkan kelompok
musik di dalam kelas
· Mengiringi lagu saat pertunjukkan kelompok musik
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan
kritik seni
|
Tes praktik
·
Bermain Musik ritmis
·
Bermain musik
melodis
Penugasan
· Menggubah secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Projek
· Mempresentasi-kan
tentang musik ansambel
|
12 JP
|
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara
musik di radio dan TV
DVD, VCD
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.4
Memahami teknik
bermain musik ansambel sederhana
4.4 Memainkan musik
ansambel sederhana
|
Musik
Ansamble
|
Mengamati
Menyaksikan pertunjukkan
kelompok musik
ansamble langsung melalui media pembelajaran
Menanya
Mendiskusikan tentang penampilan kelompok musik ansamble yang dipertunjukkan
Mengeksplorasi
· Mendemonstrasikan teknik
permainan musik ansamble secara
berkelompok dengan baik dan benar
· Membagi iringan musik lagu - lagu ansamble dalam masing-masing
kelompok
Mengasosiasi
Membandingkan konsep pertunjukkan acara ansamble musik dengan sebuah
pertunjukkan musik
Mengomunikasikan
· Mempertunjukkan musik ansamble secara berkelompok di dalam kelas
·
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan
kritik seni
|
Projek
· Membuat ulasan musik
· Mempresentasikan tentang
iringan musik sederhana
Tes praktik
· Bermain Musik ansambel campuran
|
15 JP
|
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara
musik di radio dan TV
DVD, VCD
|
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : SENI TARI
Kelas : VII
Kompetensi
Inti
KI I : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin
tahu, percaya diri, dan motivasi internal,
toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,
jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami gerak tari
berdasarkan unsur ruang waktu dan
tenaga
4.1
Melakukan gerak tari
berdasarkan unsur ruang waktu dan
tenaga
|
Gerak tari berdasarkan unsur
ruang, waktu dan tenaga
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber
belajar tentang gerak tari berdasarkan unsur
ruang, waktu dan tenaga
· Mengamati tayangan gerak tari
berdasarkan ruang, waktu dan tenaga melalui media
· Melihat guru memperagakan
gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
Menanya
· Menanya tentang gerak tari
berdasarkan unsur ruang, waktu dan
tenaga
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
· Merangkai berbagai gerak tari sesuai
dengan ruang, waktu dan tenaga
dengan hitungan atau ketukan
· Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang,
waktu dan tenaga
Mengasosiasi
· Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
· Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga
|
Projek
·
Membuat ringkasan tulisan tentang tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
Tes praktik
·
Meragakan tari berdasarkan unsur ruang,
waktu dan tenaga dengan hitungan atau ketukan
|
12 JP
|
Buku teks pelajaran Seni
Budaya kelas VII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|
3.2
Memahami gerak tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
4.2
Memperagakan gerak tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
|
Gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan
ruang, waktu dan tenaga
· Mendengarkan berbagai musik iringan tari
· Mengamati gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
Menanya
· menanyakan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga
sesuai iringan
· menanyakan berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai
iringan
· Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
· Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang,
waktu dan tenaga sesuai iringan
· Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
· Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
· Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa
dengan daerah lain
· Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan
daerah lain
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
· Membuat sinopsis tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara
sederhana
|
Projek
· Membuat ulasan tari secara sederhana berdasarkan
unsur ruang, waktu dan tenaga maksimum
100 kata
Tes praktik
· Meragakan tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai
iringan
|
12 JP
|
Buku teks pelajaran Seni
Budaya kelas VII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
VCD/kaset
musik iringan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|
3.3 Memahami gerak tari sesuai
dengan level dan pola lantai
4.3 Melakukan gerak tari dengan
menggunakan level dan pola lantai
|
Melakukan gerak tari berdasarkan level dan pola
lantai
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber
belajar tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
· Mengamati gerak tari berdasarkan level dan pola lantai dengan
menggunakan media
Menanya
· Menanya tentang gerak tari
berdasarkan level dan pola lantai
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
· Merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai
· Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
Mengasosiasi
· Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
· Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
Mengomunikasikan
·
Menampilkan karya tari berdasarkan level dan pola
lantai
·
Membuat sinopsis
tari sesuai dengan tari yang di peragakan secara sederhana
|
Projek
· Mempresentasikan ringkasan tulisan tentang tari berdasarkan level dan pola lantai
Portofolio
Mengumpulkan data
tentang tari-tari daerah setempat atau daerah lain dengan memperhatikan level
dan pola lantai
Tes praktik
· Melakukan
gerak tari dengan menggunakan level dan pola lantai
|
15 JP
|
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
VCD/kaset
musik iringan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
|
3.4
Memahami gerak tari
berdasarkan level, dan pola lantai sesuai
iringan
4.4
Memperagakan gerak tari
berdasarkan level, dan pola lantai
sesuai iringan
|
Memperagakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
|
Mengamati
· Mendengarkan berbagai musik iringan tari
· Mengamati gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
Menanya
· Menanyakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
· Menanyakan berbagai macam musik iringan tari
Mengeksplorasi
· Mencari contoh gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
· Menghubungkan berbagai gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
sesuai iringan
· Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
· Mendiskusikan berbagai macam musik iringan tari
Mengasosiasi
· Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
· Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa
dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai
· Membandingkan musik iringan tari di lingkungan tinggal siswa dengan
daerah lain
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya tari berdasarkan unsur level dan pola lantai sesuai iringan
|
Projek
· Membuat
kritik tari secara sederhana berdasarkan
level dan pola lantai sesuai dengan iringan maksimum 100 kata
Tes praktik
· Meragakan tari sesuai level, dan pola lantai sesuai iringan
|
15 JP
|
Buku teks pelajaran Seni Budaya kelas VII
Humprey, Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
VCD
pertunjukan tari
VCD/kaset
music iringan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
Media
cetak dan elektronik
|
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : SENI TEATER
Kelas : VII
Kompetensi
Inti
KI 1
: Menerima, menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri,
dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan seni teater
sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap
naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi
internal , kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami teknik
olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
4.1.
Menerapkan
teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber alam
sekitar sebagai inspirasi.
|
Teknik
olah tubuh, olah suara, dan olah rasa
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang teknik olah
tubuh, olah suara, dan olah rasa .
· Mengamati tayangan dasar-dasar teknik akting dalam drama
melalui media
· Melihat guru memperagakan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
Menanya
· Menanya tentang teknik
olah tubuh, olah suara, dan olah rasa berdasarkan tema alam
Mengeksplorasi
· Mencari contoh teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
· Merangkai berbagai teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
· Mendiskusikan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
Mengasosiasi
· Membandingkan teater di lingkungan
tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
· Membandingkan bentuk
penyajian teater daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa .
Mengomunikasikan
· Menampilkan teknik olah tubuh, olah suara, dan
olah rasa .
|
Penugasan
· Membuat ringkasan tulisan
tentang dasar-dasar teknik akting bermain teater
Projek
·
Meragakan teknik olah tubuh dalam bentuk
pantomim
|
12 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VII
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara.
Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang
Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,
Brook. 2002. Sistem Pelatihan
Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan
Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni
Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh.
Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
|
3.2.Memahami teknik penyusunan, konsep dan naskah
drama.
4.2.
Membuat konsep /naskah drama yang berkaitan dengan tema alam.
|
Konsep
/naskah drama.
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar tentang penyusunan dan konsep naskah drama
· Mendengarkan berbagai
musik ilustrasi teater
· Mengamati gerak alam
semesta sebagai sumber penyusunan naskah drama
Menanya
· Menanyakan penyusunan
dan konsep naskah drama dengan tema alam
· menanyakan berbagai
macam musik ilustrasi teater
Mengeksplorasi
· Mencari contoh
penyusunan dan konsep naskah drama
· Merangkai ide-ide cerita
dalam menyusun naskah drama
· Mendiskusikan penyusunan
dan konsep naskah drama dengan tema alam
· Mendiskusikan berbagai
macam musik ilustrasi pementasan teater
Mengasosiasi
· Membandingkan teater bertema alam di lingkungan tempat tinggal
siswa dengan daerah lain berdasarkan penyusunan dan konsep naskah drama
· Membandingkan bentuk
penyajian teater bertema alam daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
· Membandingkan musik
ilustrasi teater bertema dalam di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
Mengomunikasikan
· Menampilkan naskah drama berdasarkan tema alam
· Membuat naskah drama
pendek yang di peragakan secara sederhana
|
Penugasan
· Membuat kritik teater secara sederhana maksimum 100 kata tentang teater berdasarkan tema
alam
Projek
· Mempergelarkan naskah drama pendek tema
alam
|
12 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VII
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara.
Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang
Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,
Brook. 2002. Sistem Pelatihan
Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan
Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni
Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh.
Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
|
3.3.
Memahami rancangan teknik
pementasan
4.3.
Merancang
pementasan dan menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
|
Rancangan pementasan
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai sumber belajar tentang tata teknik pentas
· Mengamati tata teknik
pentas dengan menggunakan media
Menanya
·
Menanya tentang tata teknik pentas sesuai dengan
tema
Mengeksplorasi
· Mencari contoh tata
teknik pentas
· Merangkai berbagai tata
teknik pentas sesuai dengan tema
· Mendiskusikan tata
teknik pentas sesuai dengan tema
Mengasosiasi
· Membandingkantata teknik pentas teater alam di lingkungan tempat
tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan tema
· Membandingkan bentuk
penyajian teater daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan
tema
Mengomunikasikan
·
Menampilkan karya tata teknik pentas sesuai dengan tema
·
Membuat sinopsis teater sesuai dengan tema yang di peragakan secara sederhana
|
Penugasan
· Membuat ringkasan tulisan
tentang tata teknik pentas
Projek
· Melakukan praktik tata teknik pentas
|
15 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VII
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara.
Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang
Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,
Brook. 2002. Sistem Pelatihan
Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan
Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni
Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh.
Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
|
3.4 Memahami teknik menampilkan
pertunjukkan teater
4.4 Menampilkan pertunjukkan teater
|
Pertunjukan teater
|
Mengamati
· Mengamati pementasan
teater bertema alam sesuai dengan tata teknik pentas yang digunakan
· Membaca naskah drama
bertema alam sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
Menanya
· Menanyakan pementasan
teater bertema alam dengan tata busana yang digunakan
· Menanyakan berbagai
macam musik ilustrasi pementasan teater bertema alam
Mengeksplorasi
· Mencari contoh
pementasan teater bertema alam dengan tata teknik pentas yang sesuai
· Menghubungkan pementasan teater bertema alam dengan tata teknik
pentas yang dibutuhkan
· Mendiskusikan pementasan
teater bertema alam
· Mendiskusikan berbagai
macam musik ilustrasi pementasan teater bertema alam
Mengasosiasi
· Membandingkan pementasan teater bertema alam di lingkungan tempat
tinggal siswa dengan daerah lain
· Membandingkan bentuk
penyajian teater bertema alam daerah
tempat tinggal siswa dengan daerah lain
· Membandingkan musik
ilustrasi pementasan teater bertema di lingkungan tinggal siswa dengan daerah
lain
Mengomunikasikan
· Menampilkan karya teater bertema alam sesuai dengan tata teknik
pentas
|
Penugasan
· Membuat kritik seni teater
secara sederhana maksimum 100 kata
tentang pementasan teater
Projek
· Melakukan penampilan teater bertema alam sesuai
dengan tata teknik pentas
|
15 JP
|
Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas VII
Anirun,
Suyatna. 2002. Menjadi Sutradara.
Bandung: STSI PRESS.
Brook,
Peter. 2002. Percikan Pemikiran tentang
Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: Arti.
Endraswara,
Suwardi.2011. Metode Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Mitter,
Shomit, Stanislavski, Brecht, Grotowski,
Brook. 2002. Sistem Pelatihan
Lakon. Yogyakarta: Arti.
Saptaria,
Rikrik El. 2006. Panduan
Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Sitorus,
Eka D. 2002. The Art of Acting–Seni
Peran untuk Teater, Film, & TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanislavski,
Constantin. 2008. Membangun Tokoh.
Yogyakarta: KPG dan Teater Garasi.
VCD
pertunjukan teater
Ensiklopedia
teater Indonesia
|
Catatan : Sekolah minimal wajib memilih dua lingkup
seni dari empat lingkup materi seni yang ada
Comments
Post a Comment